Tragedi Kanjuruhan, Jokowi: Usut Tuntas dan Jangan Sampai Ada Lagi!

Kabar Nasional

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi: Usut Tuntas dan Jangan Sampai Ada Lagi!

Tim detikNews - detikJabar
Minggu, 02 Okt 2022 11:23 WIB
Presiden Jokowi di World Tourism Day
Presiden Jokowi (Foto: YouTube World Tourism Day).
Jakarta -

Tragedi di Stadion Kanjuruhan membuat publik berduka. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigiti Prabowo untuk melakukan investigasi atas tragedi yang menewaskan lebih dari seratus orang.

"Khusus pada Kapolri saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," kata Jokowi dalam jumpa pers seperti dikutip dari detikNews, Minggu (2/10/2022).

Jokowi juga meminta Menpora dan Ketum PSSI untuk mengevaluasi menyuluruh terkait tragedi tersebut. Seluruh prosedur pelaksanaan laga Arema vs Persebaya harus dievaluasi.


"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," katanya.

Selain itu dia meminta agar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau langsung para korban. Perawatan para korban harus dipastikan berjalan baik.

"Saya telah meminta Menkes dan Gubernur Jatim untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik," kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga meminta agar kejadian memilukan ini tidak terulang di kemudian hari. Dia menyesalkan peristiwa ini terjadi.

"Saya menyesalkan terjadinya tragedi ini dan saya berharap ini adalah tragedi terakhir sepakbola di Tanah Air. Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang," ujar Jokowi menegaskan.

Baca selengkapnya di sini

(mso/mso)