Presiden Beri Pesan pada Pelajar Jika PTM, Apa Katanya?

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 09 Sep 2021 19:30 WIB
Presiden Jokowi di Wajo Sulsel
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 3 Wajo, Sulawesi Selatan. Kegiatan yang dilakukan pada Kamis (09/09/2021) ini mengawali kunjungan kerjanya di Sulawesi Selatan.

"Hari ini saya melihat dan meninjau program vaksinasi yang diadakan di sekolah-sekolah, baik SMA, SMK, dan juga di madrasah. Saya melihat semuanya berjalan lancar," ujar Jokowi dikutip dari keterangan tertulis video bertajuk 'Presiden Jokowi dan Ibu Negara Tinjau Vaksinasi di SMA Negeri 3 Wajo, Sulsel, 9 September 2021' yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (09/09/2021).

Dalam kesempatan tersebut, ada 220 siswa sekolah menengah atas (SMA) yang mendapat dosis pertama vaksin Sinovac. Tak hanya di SMA Negeri 3 Wajo, kegiatan serupa juga digelar serentak di sejumlah sekolah di Kabupaten Wajo.

Pada momen ini Jokowi turut menyapa secara daring sejumlah sekolah tersebut. Ia berharap agar percepatan vaksinasi yang dilaksanakan pada sekolah-sekolah itu mampu menekan penyebaran COVID-19 dan pembelajaran tatap muka bisa segera dilakukan.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa sistem jemput bola dalam vaksinasi penting dilakukan. Salah satunya seperti yang telah dilakukan oleh tim vaksinator UPTD Puskesmas Belawa yang melakukan vaksinasi dari pintu ke pintu menggunakan perahu.

Hal tersebut dilakukan karena sebagian besar wilayah kerjanya terdampak banjir. Tim vaksinator ini melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah.

"Bagus kalau bisa dilaksanakan dari pintu ke pintu, vaksinasinya door to door. Itu akan memberikan pelayanan lebih baik. Kalau memang tidak bisa datang ke tempat vaksinasi, ya memang lebih bagus kalau jemput bola," jelas Jokowi.

Pasca melakukan sapaan daring, Jokowi kembali mengingatkan agar para pelajar terus menerapkan protokol kesehatan (prokes). Ia menekankan agar para siswa tidak sampai lepas masker.

"Saya berharap vaksinasi bisa berjalan lancar dan anak-anak bisa segera melakukan pembelajaran tatap muka dan kembali normal. Tetapi juga hati-hati tetap protokol kesehatan dijaga ketat. Terutama pakai masker jangan sampai dilepas. Saya pakai masker sampai dobel. Karena penting menjaga kita semuanya agar tidak menularkan dan tidak tertular oleh COVID," pesannya.

Selain meninjau vaksinasi di SMA Negeri 3 Wajo, Jokowi dan Iriana juga meninjau kegiatan serupa di Puskesmas Wewangrewu, Kabupaten Wajo. Berbeda dengan vaksinasi di SMA Negeri 3 Wajo, kegiatan di puskesmas ini diperuntukkan bagi masyarakat sekitar Kabupaten Wajo.

Turut hadir mendampingi Jokowi dalam acara tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Bupati Wajo Amran Mahmud. Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Sulawesi Selatan, Jokowi sekaligus meresmikan Bendungan Gilireng dan Paselloreng di Kabupaten Wajo.



Simak Video "Jokowi: Hari Ini 30 Ribu Pelajar di Indonesia Diberikan Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia