10 Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja, Psikologi Termasuk?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 04 Jul 2022 11:00 WIB
Ilustrasi konsultasi dengan psikolog
Foto: Thinkstock/alexsokolov/10 Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja, Psikologi Termasuk?
Jakarta -

Beberapa jurusan kuliah dinilai mudah dapat kerja meskipun persaingannya ketat. Penyebabnya adalah kebutuhan yang tinggi di berbagai perusahaan dan kemampuan yang dimiliki para lulusan.

Jurusan-jurusan kuliah tersebut hampir ada di semua perguruan tinggi negeri (PTN). Umumnya, jurusan ini tersebar di berbagai bidang mulai dari ilmu sosial, ekonomi, kesehatan, bahasa, dan lainnya.

Melansir laman Top Universities dan Prospect, berikut daftar jurusan kuliah yang cepat dapat kerja.


10 Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja:


1. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi dikenal cepat dapat kerja karena kemampuan yang dibutuhkan banyak perusahaan. Posisi karier yang bisa diincar antara lain social media strategist, penyiar, jurnalis, hingga tim marketing komunikasi.

2. Psikologi

Selain kerap dikenal santai dalam menjalani perkuliahan, jurusan psikologi ini juga dikenal mudah dapat kerja setelah lulus. Prospek kerja untuk lulusan psikologi di antaranya bisa menjadi ahli psikometri, ahli riset, konsultan psikologi ataupun ahli intervensi sosial.

3. Bahasa dan Sastra

Bahasa dan Sastra juga dikenal mudah dapat kerja pada era industri kreatif. Tingginya kebutuhan akan posisi penulis membuat jurusan ini mudah dapat kerja setelah lulus. Mulai dari bekerja menjadi jurnalis, copywriter, content writer, UX writer, dan lainnya.

4. Teknologi Informasi

Dengan kemampuan optimasi dan pemeliharaan sistem jaringan, lulusan jurusan ini banyak dicari perusahaan untuk mengatur sistem tak hanya internet tapi juga infrastruktur aplikasi.

5. Teknik Industri

Teknik industri selalu menjadi bidang yang laris manis dicari pencari kerja. Lulusan ini kerap dibutuhkan perusahaan untuk berbagai posisi, mulai dari analis sistem, operations engineer, risk advisor, analis program, analis bisnis, analis kontrol proses, industrial engineer, dan pengawas manufaktur.

6. Keperawatan

Selanjutnya di bidang kesehatan, ada profesi perawat yang juga akan terus dibutuhkan di dunia kerja masa depan. Lulusan keperawatan dikenal mudah dapat kerja lantaran kebutuhan tenaga di rumah sakit dan klinik terus meningkat.

7. Farmasi

Selain keperawatan, ada juga jurusan farmasi yang dibutuhkan sebagai rekan peneliti klinis, ilmuwan pengembangan produk dan proses di perusahaan, petugas urusan regulasi, ilmuwan ilmu hayati, dan ahli toksikologi.

8. Manajemen dan Bisnis

Pada era bisnis yang terus berkembang, lulusan jurusan manajemen dan bisnis akan terus dibutuhkan. Dengan kecakapan analisis data, lulusan manajemen dan bisnis akan terus dicari di berbagai sektor industri.


9. Akuntansi dan Keuangan

Lulusan ini mudah mencari kerja karena kemampuan akuntan selalu dibutuhkan semua perusahaan di berbagai bidang. Karier lulusan ini cukup mudah didapatkan, di antaranya bisa menjadi auditor internal, akuntan publik, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

10. Ekonomi

Dunia bisnis membutuhkan ahli ekonomi. Dengan kecakapan dan kompetensi yang dimiliki, lulusan jurusan ekonomi akan selalu dibutuhkan di sektor perdagangan, produksi, kebiasaan di masyarakat, hukum, pemerintahan, hingga politik internasional.

Nah, itulah daftar 10 jurusan kuliah yang dikenal cepat dapat kerja. Apakah ada jurusan detikers?



Simak Video "Langkah Tepat Wujudkan Masa Depan Cerah Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia