7 Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan Perusahaan, Digaji hingga Ratusan Juta

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 18 Jun 2022 16:00 WIB
Group of young business people are working together in modern office. Creative people with laptop, tablet, smart phone, notebook. Successful hipster team in coworking. Freelancers.
Foto: iStock/Vasyl Dolmatov/7 Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan Perusahaan, Digaji hingga Ratusan Juta
Jakarta -

World Economic Forum (WEF) telah melaporkan daftar profesi yang akan banyak dicari oleh perusahaan hingga tahun 2025. Banyak profesi yang dibutuhkan berasal dari jurusan kuliah yang bergerak di bidang sains, teknologi, hingga bisnis.

Berdasarkan WEF Forecast for Labour Market Evolution in 2020-2025 atau Prediksi Perkembangan Pasar Tenaga Kerja 2020-2025, terdapat beberapa jenis pekerjaan yang paling banyak dicari dan memiliki gaji yang fantastis.

Bagi detikers yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi, jurusan di bawah ini bisa menjadi pertimbangan untuk karier di masa depan.


7 Jurusan yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan dan Besaran Gajinya:


1. Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan salah satu jurusan yang dibutuhkan banyak perusahaan karena keahliannya untuk generasi mendatang. Jurusan ini ada di UPN Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB), hingga Universitas Sriwijaya.

Dengan adanya kondisi pasar perminyakan sangat kompetitif, gaji untuk fresh graduate jurusan ini di Indonesia bisa mencapai Rp 20 juta. Bahkan di luar negeri, bisa mencapai sekitar puluhan juta rupiah untuk pengalaman yang tinggi.

2. Teknik Informatika

Dalam laporan WEF, keahlian lulusan Teknik Informatika untuk information security analyst, software and application developers, sampai internet of things specialist akan meningkat.

Maka dari itu, tidak heran jika posisi pengembang perangkat lunak atau software developer di Indonesia bisa memperoleh gaji sampai Rp 32 juta per bulan. Sedangkan di Amerika Serikat, bisa digaji hingga Rp 125 juta per bulan.

3. Komunikasi

Jurusan komunikasi juga banyak dibutuhkan di banyak perusahaan utamanya bidang industri kreatif seperti startup, e-commerce, dan media.

Seseorang yang sudah senior di bidang komunikasi akan mendapatkan gaji rata-rata sekitar Rp 10-20 juta per bulan di Indonesia. Sedangkan di Amerika, lulusan jurusan komunikasi bisa memperoleh gaji mencapai Rp 64 juta per bulan.

4. Sains Data

WEF menyebutkan ahli sains data bakal memiliki peluang yang oke dalam pasar tenaga kerja 2025. Jurusan kuliah mengenai bidang ini ada di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), hingga Binus University.

Menurut laman karier Indeed, profesi dalam bidang ini dapat menyentuh gaji sampai 1,7 miliar per tahun.

5. Administrasi Bisnis

Pada era digital, jurusan administrasi bisnis semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Jurusan ini bertanggung jawab terhadap pemasaran, keuangan, penjualan, dan manajemen.

Di Indonesia, seorang staf administrasi bisnis bisa digaji hingga Rp 5 juta. Gaji tersebut akan meningkat hingga puluhan juta rupiah sesuai dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki.

Sementara menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, seorang pegawai di bidang bisnis berpengalaman bisa mendapat gaji tahunan rata-rata hampir Rp 1 miliar atau sekitar 80 juta per bulan.

6. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan mengenai robotika dan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia menjadi jurusan yang langka. Setidaknya ada Unair, Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang membuka jurusan mengenai bidang robotika dan AI.

Menurut Economic Research Institute, posisi AI bisa mengantarkan gaji sampai Rp 34 juta per bulan. Sementara di Amerika Serikat, gaji AI bisa menyentuh angka Rp 142 juta per bulan.


7. Pemasaran Digital

Dalam 3-5 tahun ke depan, banyak perusahaan akan terus membutuhkan keahlian pemasaran digital atau digital marketing.

Jurusan ini sudah cukup banyak diajarkan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, misalnya di Binus University, Universitas Padjadjaran, Universitas Prasetya Mulya, dan lain sebagainya.

Berdasarkan Economic Research Institute dalam laman Salary Expert, posisi pemasaran digital di Indonesia bisa mengantongi sampai Rp 21 juta per bulan dan di Amerika Serikat bisa sampai Rp 83 juta per bulan.

Itulah 7 jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan beserta rincian gajinya. Apakah ada pekerjaan incaran detikers?



Simak Video "Langkah Tepat Wujudkan Masa Depan Cerah Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia