4 Tips Memilih Jurusan Kuliah ala ITB, Salah Satunya Melihat Prospek Kerja

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 30 Jun 2022 11:30 WIB
ilustrasi kuliah, ilustrasi jurusan, ilustrasi mata pelajaran populer
Foto: iStockphoto/4 Tips Memilih Jurusan Kuliah ala ITB, Salah Satunya Melihat Prospek Kerja
Jakarta -

Memilih jurusan kuliah selalu membutuhkan banyak pertimbangan bagi calon mahasiswa baru. Seringkali siswa terlalu bingung memilih hingga pada akhirnya hanya mengikuti teman atau keluarganya.

Padahal, memilih jurusan kuliah perlu dipertimbangkan dari berbagai hal mulai dari kesukaan, minat & bakat, hingga melihat prospek kerja di masa depan.

Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa, Irvan Christiawan, S.T., memberikan tips atau cara memilih jurusan saat memaparkan di acara TikTok Live #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan. Berikut ini tipsnya.

4 Tips Memilih Jurusan Kuliah:

1. Menemukan Jawaban Terkait Pentingnya Pendidikan

Sebelum memutuskan untuk kuliah, siswa perlu menemukan jawaban bahwa pendidikan tinggi itu perlu atau tidak. Saat siswa sudah menemukan pentingnya pendidikan tinggi maka bisa mulai melihat berbagai bidang.

"Jawabannya ya perlu. Kita saat ini yang lagi tren, kita sekarang memasuki masa industri 4.0. Cirinya jelas, keterbukaan informasi yang pesat," ucap Irvan via @tiktokliveid, Rabu (29/6/2022).

"Adanya perkembangan teknologi bukan hanya dari teknik dan science tapi dari berbagai bidang," imbuhnya.

2. Mengenali Diri

Selanjutnya, Irvan menjelaskan bahwa siswa juga perlu mengenali terkait apa minat yang disukai, apa cita-cita yang ingin dicapai dan apa bidang keilmuan yang disenangi.

Kemudian, setelah itu siswa perlu juga untuk melihat kemampuan diri agar nantinya bisa memilih program studi apa dan memilih universitas mana.

3. Ketahui Ingin Belajar Apa

Calon mahasiswa juga perlu mengetahui apa saja yang ingin diperoleh dari perguruan tinggi atau dunia perkuliahan.

Jadi, calon mahasiswa harus bisa mengidentifikasi diri mau belajar apa dan mau kerja bidang mana.

"PT pada dasarnya memberikan sebuah kurikulum sebagai fondasi keilmuan, harus fleksibel. Nah dari situ, PT akan mempersiapkan mahasiswa akan membentuk pola pikir tertentu sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Contoh kemampuan analitis, komunikasi, kreativitas, inovasi, kerja sama, dan sebagainya," papar Irvan.

"Kemampuan ini yang akan diberikan PT sebelum terjun ke masyarakat. Mahasiswa juga harus memahami apa yang diinginkan," tambahnya.

4. Melihat Prospek Kerja

Terkait passion dalam memilih jurusan, Irvan juga menyampaikan siswa bisa melihat bidang yang sedang tren dan memiliki peluang untuk masa depan.

Jadi harus memahami prodi yang memiliki banyak keterlibatan. Misal bidang game online, ada bidang IT, informatika, dan hukum.

"Jadi (calon mahasiswa) tinggal pilih bidang yang disukai kemudian menentukan prodi berdasarkan yang paling disenangi," jelasnya.

Irvan memberi contoh, misal di ITB ada prodi yang banyak diminati industri nasional tapi prospeknya kurang terlihat.

Salah satunya adalah di FMIPA ada Fisika dan Kimia. Dua prodi ini sangat dibutuhkan industri di Indonesia.

"Prospek kerja dari prodi-prodi bisa dijadikan pertimbangan ketika bimbang memilih jurusan. Sekarang ini, banyak pekerjaan yang sepuluh tahun lalu tidak ada tapi sekarang ada. Seperti profesi YouTuber hingga kreator tik tok. Ke depan juga bakal ada pekerjaan baru di masa depan," tutur Kasub Administrasi Penerimaan Mahasiswa ITB.



Simak Video "Aliansi Mahasiswa Demo Protes RKUHP Tiba di DPR, Lalin Tersendat"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia