Mahasiswa, Ini 6 Jurusan yang Dikenal Santai dan Mudah Masuknya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 21 Jun 2022 10:00 WIB
Studio shot of an attractive young woman looking thoughtful while using a laptop against a blue background
Foto: Getty Images/PeopleImages/6 Jurusan yang Dikenal Santai dan Mudah Masuknya
Jakarta -

Tidak ada salahnya jika kamu ingin memilih jurusan dengan menghindari rumus-rumus atau perhitungan. Terlebih, jika kamu menyadari hal itu bukanlah keunggulan yang kamu miliki.

Sebagai pertimbangan, tentu kamu harus menentukan jurusan yang kamu pilih berdasarkan keunggulan yang ada dalam diri atau minat yang kamu sukai. Kamu bisa memulainya dengan menemukan beberapa jurusan yang dikenal mudah dan santai.

Dari banyaknya jurusan yang ada di perguruan tinggi, jurusan yang berkaitan dengan bahasa, sosial, hingga olahraga dianggap mudah karena terhindar dari rumus-rumus dan perhitungan.

Berikut ini daftar jurusan yang dikenal santai dan mudah masuknya.


6 Jurusan Kuliah yang Dikenal Santai dan Mudah:


1. Bahasa dan Sastra

Jurusan bahasa dan sastra dikenal santai karena mempelajari bahasa yang sudah dikenal dalam masyarakat. Bedanya, mahasiswa bahasa dan sastra akan memahami lebih dalam mengenai struktur kebahasaan dari kata, frasa, kalimat, hingga paragraf.

Mahasiswa juga akan mempelajari simbol dan makna dalam bahasa yang dipelajari dalam bab linguistik. Selain itu, ada juga materi tentang kesusastraan di berbagai negara.

Jurusan kuliah ini dikenal mudah masuknya karena dibanding dengan jurusan lain, prodi bahasa dan sastra memiliki jumlah peminat yang tidak banyak.

2. Ilmu Sejarah

Alih-alih menghitung rumus, tentu mengetahui dan mempelajari sejarah dianggap lebih menyenangkan. Saat kuliah, mahasiswa akan memiliki pengalaman belajar yang cukup seimbang antara teori dan studi di lapangan.

Bagi orang yang menyukai dunia sejarah tentu akan menganggapnya santai. Terlebih dalam belajar, seringkali pergi mengunjungi situs-situs bersejarah.

3. Komunikasi

Jurusan komunikasi juga sering dianggap mudah karena banyak mempelajari keterampilan berkomunikasi baik dalam hal menulis dan berbicara.

Menariknya lagi, lulusan jurusan ini akan dibutuhkan banyak perusahaan mulai dari start up, e-commerce, dan media.

4. Psikologi

Belajar memahami karakter dan jiwa seseorang hingga mempelajari individu masyarakat tentu menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih bagi orang yang ingin mengenali banyak orang.

Ketika sudah memiliki ilmunya, lulusan jurusan ini bisa membantu teman untuk menganalisis pesan teks dan menguraikan motivasi batin secara psikologis.

5. Perhotelan dan Pariwisata

Jurusan ini sering dianggap mudah karena tidak melulu belajar teori. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari pengelolaan hotel serta cara menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis baik skala nasional atau internasional.

6. Olahraga

Bagaimana jadinya olahraga dijadikan sarana untuk belajar? Tentu jurusan ini sangat cocok buat kamu yang menyukai dunia olahraga.

Saat memasuki jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai cabang olahraga yang kemudian bisa dipilih. Mahasiswa akan belajar tentang dasar gerakan hingga teknik-teknik olahraga, tubuh manusia, sampai kebugaran.

Setelah lulus, mahasiswa jurusan ini bisa bekerja sebagai atlet, guru di sekolah, konsultan, instruktur, hingga klub-klub olahraga.

Nah, itulah 6 jurusan yang dikenal mudah dan santai. Apakah ada jurusan yang kamu incar?



Simak Video "Langkah Tepat Wujudkan Masa Depan Cerah Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia