UIII Buka Seleksi Masuk Jalur Mandiri dan Beasiswa buat Program S2 & S3 Nih!

Rahma Harbani - detikEdu
Minggu, 15 Mei 2022 13:00 WIB
Penerimaan program S2 dan S3 UIII.
Penerimaan program S2 dan S3 di UIII. Foto: UIII.
Jakarta -

Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) membuka penerimaan mahasiswa baru program Magister (MA) dan doktoral (PhD) melalui jalur pembiayaan sendiri atau mandiri dan jalur beasiswa. Hal ini menjadi pembeda penerimaan tahun sebelumnya yang baru membuka program MA.

"Program admisi melalui jalur mandiri maupun beasiswa ini terbuka untuk warga negara Indonesia maupun asing yang mampu menunjukkan kualitas kepemimpinan dan latar belakang akademis yang kuat," kata Rektor UIII Komaruddin Hidayat dalam keterangannya, Minggu (15/5/2022).

Komarudin juga menegaskan, kedua jalur pendaftaran tersebut tidak hanya terbuka bagi mahasiswa muslim meskipun UIII mengusung nama kampus Islam. Ia mengklaim, pihaknya membuka pendaftaran mahasiswa baru yang bersifat inklusif, universal, dan non-diskriminatif.

UII sendiri merupakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang menyelenggarakan program Magister dan Doktoral. PTN ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu dan ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018.

Program akademik UIII baru dimulai pada September 2021 lalu dengan membuka 4 fakultas, yaitu Fakultas Studi Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Pendidikan lewat jalur beasiswa penuh. Seperti apa persyaratan pendaftaran UIII jalur mandiri dan beasiswanya?

Syarat Daftar Program S2 dan S3 Jalur Mandiri dan Beasiswa UIII

1. Memiliki sertifikat kecakapan berbahasa Inggris yang ditunjukkan dengan sertifikat IELTS atau TOEFL. Persyaratan tidak berlaku bagi pelamar dari negara-negara berbahasa Inggris atau lulusan kampus yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

2. Khusus pelamar pada Fakultas Studi Islam disyaratkan memiliki kecakapan berbahasa Arab yang ditunjukkan dengan sertifikat TOAFL. Persyaratan tidak berlaku bagi pelamar dari negara-negara berbahasa Arab atau lulusan kampus yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar.

3. Melampirkan sertifikat Grade Point Average (GPA) dengan nilai paling sedikit 3.5 pada skala maksimum 4.0.

4. Mengajukan proposal riset secara ringkas (4000-5000 kata), contoh tulisan ilmiah, hasil penelitian yang relevan dengan pilihan studi, atau artikel terbaru yang dipublikasikan di jurnal ilmiah berbahasa Inggris.

5. Melampirkan 2 surat rekomendasi dari kalangan otoritas yang menjelaskan mengapa Anda pantas untuk melanjutkan studi di UIII. Surat ini ditulis dalam bahasa Inggris.

Penulis surat rekomendasi adalah orang yang Anda kenal dan mengenal Anda dengan baik. Hal ini ditujukan agar dapat menjelaskan dengan baik dan jujur mengenai potensi yang anda miliki.

Wakil Rektor Bidang Akademik, SDM, dan Kemahasiswaan UIII, Bahrul Hayat menambahkan, jalur masuk melalui beasiswa merupakan program bantuan dari pemerintah yang dikelola oleh UIII. Utamanya, beasiswa program S3 berasal dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diperuntukan untuk UIII.

Kuota beasiswa yang tersedia pada penerimaan tahun ini sebanyak 200 mahasiswa program S2. Sedangkan untuk program S3 membuka kuota beasiswa sebesar 100 mahasiswa. Adapun keuntungan beasiswa dapat disimak pada ulasan berikut.

Keuntungan Penerima Jalur Beasiswa Program S2 dan S3

1. Visa Pelajar dan Izin Belajar untuk mahasiswa internasional.

2. Outward Airfare (ekonomi-satu arah) dari bandara terdekat ke lokasi rumah penerima ke Bandara Internasional Soekarno Hatta.

3. Tiket pesawat pulang (ekonomi - sekali jalan) dari Bandara Internasional Soekarno Hatta ke bandara terdekat dengan lokasi rumah penerima.

4. Biaya kuliah untuk 2 tahun akademik (Magister) atau 4 tahun akademik (Doktor).

5. Tunjangan awal kedatangan setelah tiba di Indonesia.

6. Tunjangan hidup bulanan.

7. Asuransi kesehatan.

8. Tunjangan buku.

9. Bantuan penelitian disertasi.

Bagi yang berminat mendaftar dapat mengajukan aplikasinya secara daring atau online. Khususnya dimulai dari hari ini, Minggu (15/5/2022) pukul 23.59 WIB hingga 30 Juni 2022 pukul 23.59 WIB mendatang.

Pengumuman hasil pendaftaran dijadwalkan paling lambat akhir Juli 2022. Informasi lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru ini dapat diakses melalui laman uiii.ac.id, maupun media sosial resmi UIII.



Simak Video "After Class by Lazada Foundation: Unlocking Potensials of Indonesia Muslim Marketplace (Eps 04 - Presentation)"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia