Daftar Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPA dan SMK, Ada STIS hingga STMKG

Daftar Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPA dan SMK, Ada STIS hingga STMKG

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 29 Jan 2022 12:00 WIB
Infografis sekolah kedinasan 2021
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim: Infografis sekolah kedinasan 2021
Jakarta -

Sekolah kedinasan merupakan sekolah yang memiliki ikatan dinas dengan lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan. Melalui sekolah dinas, para peserta didik berkesempatan menjadi calon pegawai negeri sipil CPNS).

Keuntungan dari sekolah kedinasan adalah biaya pendidikan serta biaya hidup yang ditanggung penuh pemerintah. Agar dapat lolos sekolah kedinasan ada beberapa syarat akademik yang harus diikuti.

Nah, apabila detikers merupakan siswa SMA jurusan IPA dan siswa SMK, berikut adalah daftar sekolah kedinasan yang bisa menjadi pilihan:

4 Sekolah Kedinasan untuk Siswa Jurusan IPA dan SMK

1. Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Politeknik Statistika STIS berada di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS). Jurusan yang ada di STIS adalah D4 Statistika, D3 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik.

Sekolah kedinasan ini terbuka lebar untuk siswa jurusan IPA dan siswa SMK jurusan teknik komputer dan informatika. Bahkan, siswa jurusan IPS juga boleh mendaftar.

2. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah kedinasan STMKG berada di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Ada beberapa jurusan yaitu D4 Klimatologi, D4 Meteorologi, D4 Geofisika, dan D4 Instrumentasi.

Sekolah ini dibuka untuk siswa SMA hingga MA dari berbagai jurusan. Sedangkan untuk siswa SMK yang boleh mendaftar yaitu teknik mekatronika, teknik transmisi telekomunikasi, teknik elektronika industri, teknik jaringan akses, teknik komputer dan jaringan, serta rekayasa perangkat lunak.

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Lulusan Poltek SSN dapat bekerja di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau juga di instansi pemerintah wilayah pusat dan daerah.

Hal yang dipelajari yaitu hardware/software security engineer, cryptographic engineer, dan lainnya. Berdasarkan syarat penerimaan di tahun lalu, siswa SMK yang diperbolehkan mendaftar adalah jurusan elektronika serta bidang teknologi informasi dan komunikasi (jaringan, aplikasi, sistem informatika, teknik komputer jaringan, dan rekayasa perangkat lunak).

4. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun atau yang disingkat sebagai PPI Madiun adalah institusi pendidikan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan. Jurusan yang ditawarkan di sini adalah D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian, D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian.

Seluruh jurusan tersebut hanya diperuntukkan bagi siswa IPA dan SMK. Adapun masing-masing syarat khusus bagi siswa SMK adalah:

  • D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian: SMK jurusan teknologi konstruksi dan properti, geospasial, dan teknik geomatika.
  • D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian: SMK jurusan teknik komputer dan informatika, teknik telekomunikasi, teknik elektronika, teknik ketenagalistrikan, dan teknik instrumentasi industri.
  • D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian: SMK jurusan teknologi konstruksi dan properti, teknik mesin, teknik industri, teknik ketenagalistrikan, teknik otomotif, teknik elektronika, teknik instrumentasi industri, teknik telekomunikasi, teknik komputer dan informatika.
  • D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian: SMK jurusan teknik mesin, teknik ketenagalistrikan, teknik industri, teknik otomotif, dan teknik elektronika.

Demikianlah daftar sekolah kedinasan yang cocok untuk siswa SMA jurusan IPA dan siswa SMK. Apa ada yang menjadi incaran kalian, detikers?



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia