Keren, 5 Kampus di Dunia Ini Punya Jurusan Financial Technology

Keren, 5 Kampus di Dunia Ini Punya Jurusan Financial Technology

Angga Laraspati - detikEdu
Jumat, 12 Nov 2021 13:41 WIB
Ilustrasi Kampus Belajar
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Financial Technology (fintech) kini menjadi bagian dari industri jasa keuangan yang berkembang pesat. Hal tersebut mengingat saat ini banyak orang telah menggunakan perbankan online dan perdagangan mata uang kripto yang menjadi semakin populer.

Tak hanya itu, ekosistem startup di bidang fintech pun semakin melejit. Dengan begitu, jelas bidang fintech sangat berguna di era digitalisasi sekarang. Oleh karena itu, kampus-kampus dunia sudah mulai menyediakan jurusan fintech untuk menghasilkan bibit-bibit berkualitas di dunia fintech.

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat lima kampus di dunia yang kini menawarkan jurusan fintech Kira-kira di mana sajakah kelima kampus yang menawarkan jurusan industri jasa keuangan yang kekinian itu?

University of Sussex Business School

Pertama ada University of Sussex Business School di Inggris yang menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman mempelajari fintech dengan pengembangan keterampilan kuantitatif dan analitis serta kemampuan pengkodean dan pemrograman.

Kampus ini juga memberikan akses ke Bloomberg Financial Markets yang berlokasi di Business School, dan ke platform layanan Thomson Reuters. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengambil bagian dalam simulasi keuangan dan perdagangan real-time yang diawasi oleh para ahli akademis dan industri.

Prasetya Muliaistimewa

Asia Pacific University of Technology & Innovation

Berikutnya ada Asia Pacific University of Technology & Innovation (APU) di Malaysia dengan spesialisasi jurusan Teknologi Keuangan yang dirancang untuk memberikan kamu keunggulan dengan teknologi terbaru dan sejalan dengan industri 4.0.

The University of Hong Kong

Kampus selanjutnya yang menawarkan jurusan fintech adalah The University of Hong Kong dengan peminatan seni dan ilmu pengetahuan teknologi yang akan mempelajari bagaimana cara untuk memelihara teknologi keuangan dan pengusaha dengan pengetahuan penting di bidang keuangan dan teknologi. Nantinya kamu dapat mengambil peran utama dalam inovasi dan aplikasi teknologi keuangan.

Jurusan kedua di kampus ini yang juga mempelajari fintech adalah jurusan fintech yang mengacu pada penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam layanan keuangan. Ini adalah bidang interdisipliner yang baru muncul dengan dampak yang sangat tinggi pada ekonomi setiap masyarakat.

City University of Hong Kong

Keempat ada kampus City University of Hong Kong dengan jurusan Keuangan Komputasi dan Teknologi Keuangan. Tujuan utama dari kampus ini adalah memberikan para siswanya dengan penelitian yang solid, kuantitatif dan pelatihan teknologi di bidang keuangan.

Kamu juga dapat memperluas pembelajaran dengan mengambil kursus yang berkaitan dengan keuangan komputasi dan teknologi keuangan.

Ilustrasi Kampus BelajarFoto: Dok. Istimewa

Universitas Prasetiya Mulya

Bila semua kampus tersebut dirasa terlalu jauh, jangan khawatir karena ada satu kampus di Indonesia yang mempunyai jurusan financial technology. Kampus tersebut adalah Prasetiya Mulya yang menjadi universitas yang melek akan studi dan pengembangan SDM di bidang finansial teknologi.

Program ini memiliki afiliasi dengan Chartered Financial Analyst (CFA) Program sertifikasi bergengsi di bidang keuangan yang dikenal secara internasional dan diakui oleh lebih dari 100 negara.

S1 FinTech di kampus ini juga menerapkan standar global dan mengintegrasikan kurikulumnya dengan CFA Candidate Body of Knowledge (CBOK). Di program ini, Prasmul juga menghadirkan berbagai kurikulum terkini di setiap semesternya mulai dari Introduction To Fintech - Money & Marketplace, Digital Economy, Financial Service and Consumer, hingga Infrastructure Fintech.

Di sini, kamu juga akan menemui banyak kesempatan untuk meningkatkan hard dan soft skill dengan mengikuti event internasional di bidang finance, salah satunya, Indonesia Investment Banking Competition (IIBC).

Lulusan S1 Financial Technology akan memiliki kompetensi lengkap untuk beragam jenjang karier, termasuk yang bersinggungan dengan teknologi, seperti Fintech Business Development, Investment Technology Business Development, Venture Capitalist.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia