Aplikasi Kolab Anak ITB, Binus, dan Prasmul Juara 1 L'Oréal Brandstorm

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 31 Mei 2021 07:00 WIB
Mahasiswa ITB, Binus University, dan Prasetiya Mulya yang menjuarai kompetisi L’Oréal Brandstorm 2021
Mahasiswa ITB, Binus University, dan Prasetiya Mulya yang menjuarai kompetisi L'Oréal Brandstorm 2021 (dok. ITB)
Jakarta - Aplikasi yang diciptakan mahasiswa Institut Teknologi Bandung, Binus University, dan Universitas Prasetiya Mulya meraih juara satu lomba L'Oréal Brandstorm 2021.

Ajang tingkat nasional ini dijuarai Giselza Satya Kusmaharani, mahasiswa Sekolah Farmasi ITB, Alea Najla, mahasiswa Computer Science Binus University, dan Veronica Lila, mahasiswa Business Universitas Prasetiya Mulya. Ketiganya tergabung dalam tim Get This Look.

Pada kompetisi tahun ini, L'Oréal Brandstorm mengangkat tema "Invent the Beauty Shopping Experience Through Entertainment" untuk mengeksplorasi kapasitas niaga-el (e-commerce) di dunia kecantikan.

Adapun ide tim Get This Look yang diganjar juara 1 tersebut adalah gagasan pembuatan aplikasi Get This Look! yang memungkinkan pengguna untuk belanja secara langsung sesuai 'look' karakter dalam drama Korea favoritnya.

Tim Get This Look meraih juara nasional setelah melalui presentasi yang dihelat 8 April 2021. Giselza menuturkan, timnya mendapat inspirasi dari hobi ketiga anggota tim, yaitu menonton drama Korea.

"Berdasarkan tema tersebut dan hobi kami, yaitu menonton drama Korea, kami mendapatkan ide untuk membuat aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk belanja secara langsung melalui ketertarikan terhadap 'look' karakter dalam drama Korea tersebut yaitu dengan aplikasi Get This Look!," ujar Giselza, Selasa (25/5/2021), dikutip dari situs resmi ITB.

Giselza menjelaskan, dengan aplikasi tersebut, para movie dan beauty enthusiast dapat menonton sekaligus mencari informasi dan berbelanja. Ketika wajah para karakter pada platform siaran langsung diklik, platform tersebut akan segera mengarahkan pengguna ke aplikasi Get This Look! untuk belanja produk yang digunakan oleh karakter tersebut.

Ia menuturkan, aplikasi buatan timnya berangkat dari banyaknya aplikasi saat ini yang lebih mengarah kepada fashion. Menurutnya, aplikasi Get This Look! bisa mengisi kebutuhan pengguna terkait beauty dan make-up.

"Aplikasi kami juga dapat memberi alternatif shades dan harga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan user. Lalu ada virtual try on di 'Try This Look!', sehingga user dapat melihat kecocokan secara langsung dengan wajah aslinya," kata Giselza.

Ia menambahkan, aplikasi ini juga bertujuan untuk mengurangi stres saat pandemi dengan meningkatkan self-love. Menurutnya, kepercayaan diri pengguna dapat meningkat dengan adanya fitur 'Share Your Look!' di mana user dapat mengunggah foto dengan penampilan mereka masing-masing.

Dalam kompetisi L'Oréal Brandstorm 2021 ini, tim Get This Look bersaing dengan sekitar 1.500 peserta. Menurut Giselza, perbedaan kampus sedikit-banyak memengaruhi pembuatan aplikasi.

"Kami datang dari universitas yang berbeda, sehingga terdapat kendala perbedaan jadwal, pengaturan waktu dengan kewajiban akademik kami, serta diskusi yang tidak bisa dilakukan secara langsung dan harus memanfaatkan teknologi untuk meeting online," katanya.

Tim Get This Look! saat ini tengah merealisasikan dan mengembangkan ide mereka agar juga dapat diaplikasikan pada jenis film lain, seperti Hollywood, Bollywood, hingga anime.

"Kami tidak berharap banyak, namun selalu berdoa dan berusaha agar Get This Look! dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia hingga seluruh dunia. Kami juga ingin menginspirasi banyak orang melalui karya kami, bahwa umur tidak menjadi batasan seseorang untuk berimajinasi. Selain itu, diharapkan kepercayaan diri dan self-love para pengguna dapat meningkat dengan menggunakan aplikasi kami," Kata Gizelza.

Gimana detikers, tertarik mencoba aplikasi buatan mahasiswa ITB, Binus University, dan Universitas Prasetiya Mulya ini?



Simak Video "Di Sidang Terbuka ITB, Jokowi Umumkan Indonesia Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia