Tips Diet Sehat dari Dokter UGM, Bisa dengan Minum Jeruk?

Rosmha Widiyani - detikEdu
Senin, 25 Okt 2021 08:30 WIB
Wanita sedang makan buah-buahan dan minum jus jeruk
Foto: thinkstock/Tips Diet Sehat dari Dokter UGM, Bisa dengan Minum Air Jeruk?
Jakarta - Tips diet sehat dengan minum air jeruk kerap dilakukan masyarakat umum untuk menurunkan berat badan. Kebiasaan ini menjadi perhatian dokter ahli gizi UGM Dr Mirza HST Penggalih, S Gz, M PH, RD.

"Itu fungsinya untuk meningkatkan metabolisme sehingga sarapan pagi kita bisa digunakan untuk sumber energi. Untuk membakar simpanan lemak satu-satunya cara adalah dengan olahraga diimbangi diet seimbang," kata Dr Mirza.

Dikutip dari situs UGM, fungsi minum air jeruk saat sarapan tidak untuk menurunkan berat badan. Bagi yang sedang diet Dr Mirza menjelaskan, pengaturan pola makan tidak hanya soal menurunkan berat badan.

"Diet itu tidak melulu identik dengan mengurangi atau membatasi makanan. Tapi tetap disesuaikan. Bisa jadi disesuaikan itu dilebihkan. Misalnya ntuk atlet, dietnya justru dilebihkan," ujar Dr Mirza dikutip dari laman UGM.

Dokter dari Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM ini menjelaskan, diet sebenarnya adalah memberi makanan sesuai dengan kebutuhan. Masyarakat bisa menggunakan data Angka Kecukupan Gizi (AKG), jika tidak ada kondisi khusus yang harus menjadi perhatian.

Dengan penjelasan ini, Dr Mirza menjelaskan tips diet sehat yang bisa dilakukan masyarakat. Berikut penjelasannya,

Tips diet sehat dari dokter gizi UGM

  1. Jika ingin meningkatkan berat badan, yang masuk ditambah dan pengeluaran dikurangi
  2. Jika ingin menurunkan berat badan, yang masuk dikurangi dan pengeluaran ditambah
  3. Jika ingin pengeluaran makin banyak, bisa ditambah olahraga
  4. Pengurangan asupan harus dikonsultasikan lebih dulu dengan tenaga kesehatan yang kompeten
  5. Jangan sampai menerapkan pola diet yang terlalu ketat
  6. Kebutuhan makan sesuai standar AKG, aktivitas fisik, dan kondisi tubuh.

"Misal kita kebutuhannya di 2.000, maka berarti kita akan mengurangi makanan dari kebutuhan kita sehari, misal 1.800, 1.500, pengurangan ini tentunya harus dikonsultasikan," ujar Dr Mirza.

Dalam siaran Radio Indonesia Sehat/Raisa Radio UGM, Dr Mirza mencontohkan makan sesuai kebuhan dari aspek porsi. Aturan bisa diterapkan yang makan 3-4 kali sehari, dengan aturan centong nasi dihitung satu porsi.

"Bagi yang makan 3-4 kali sehari dibagi menjadi masing-masing satu porsi makan pagi, siang dan malam. Kelebihan 1 porsi karbohidrat bisa digunakan untuk memakan snack yang mengandung karbohidrat," ujar Dr Mirza.

Terkait metode tips diet sehat yang paling aman dan efektif, Dr Mirza mejelaskan Isi Piringku Sekali Makan. Metode ini menerapkan panduan gizi seimbang yang dianjurkan Kementerian Kesehatan dengan menyertakan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, plus olahraga.

Simak Video "BEM UGM Bagikan Sembako, Sindir Pemerintah Tangani Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia