4 Prospek Karier Jurusan Psikologi, Kamu Minat?

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 27 Apr 2021 21:02 WIB
psikolog
Foto: Getty Images/iStockphoto/SDI Productions/4 Prospek Karier Jurusan Psikologi, Kamu Minat?
Jakarta -

Jurusan psikologi menempati 20 besar prodi saintek dan soshum dengan keketatan tertinggi di SNMPTN 2020 berdasarkan data LTMPT. Posisi ini ditempati Jurusan Psikologi Universitas Padjajaran dengan keketatan 2,20%.

Rupanya, tidak hanya berkarir sebagai psikolog, lulusan jurusan psikologi kelak dapat berkarier sebagai pendidik, entrepreneur, dan di bidang sumber daya manusia.

Hal ini disampaikan dalam webinar 'Pengenalan Jalur Karier' Fakultasi Psikologi Universitas Indonesia (UI) dan alumni angkatan 1996, Sabtu (20/3) dikutip dari laman resmi UI, Selasa (27/4/2021).

Berikut prospek kerja jurusan psikologi:

1. Pendidik

Lulusan sarjana psikologi dapat bekerja di dunia pendidikan pada lembaga pendidikan formal, informal, dan nonformal. Contohnya, menjadi guru BK, guru bidang studi, pengembang kurikulum, dan asisten dosen.

Dosen dan Ketua Pusat Layanan Psikologi UIN Mulia Sari Dewi dalam webinar yang sama menuturkan, sejumlah kualifikasi yang perlu dipenuhi jika ingin berkarier di dunia pendidikan di antaranya adalah memiliki pengetahuan teori perkembangan, psikologi konseling, kesabaran, dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.


2. Psikolog

Psikolog RS Hermina, RSUD Siti Fatimah, dan Director Magna Penta Consulting, Anrilia Ema menuturkan, psikolog merupakan salah satu profesi yang tengah berkembang di tengah rendahnya jumlah praktisi kesehatan mental.

Untuk menjadi seorang psikolog, lulusan sarjana psikologi harus menempuh pendidikan S2 Profesi Psikologi dan lulus ujian tesis. Setelah itu, calon psikolog juga harus lulus Ujian Kompetensi Psikolog yang diselenggarakan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

3. Entrepreneur

Kemauan dan kemampuan lulusan psikologi mengubah ide atau penemuan baru menjadi inovasi yang sukses dapat menjadi bekal sebagai entrepreneur.

Kasubdit Kerjasama Akademik dan Pemerintah UI Eko Sakapurnama menuturkan, lulusan psikologi yang ideal menjadi entrepreneur memiliki kecenderungan pekerja keras, cepat belajar, mampu menyiasati risiko, dan peka pada peluang bisnis.

Klik halaman berikutnya

4. Human Resources (HR)

Beberapa peran yang harus dijalankan lulusan psikologi yang berkarier di bidang HR yaitu peran strategic partner, change agent, administrative expert, dan employee champion.

Beberapa jenis pekerjaan di bidang HR di antaranya organization development, manpower planning and recruitment, learning and development, performance and talent management, HR administration and shared services, employee relation and industrial relation, HRBP, HR generalist, dan HR consulting.

Bagaimana detikers, sudah menetapkan untuk masuk jurusan psikologi?

(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia