Mengenal Jurusan Sastra Inggris: Penjelasan dan Prospek Kerjanya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 27 Apr 2021 16:31 WIB
The union flag flies over the Houses of Parliament in Westminster, in central London, Britain June 24, 2016.     REUTERS/Phil Noble
Foto: REUTERS/Phil Noble/Mengenal Jurusan Sastra Inggris: Penjelasan dan Prospek Kerjanya
Jakarta - Apakah detikers tertarik berkuliah di jurusan Sastra Inggris? Sebelum berkuliah di jurusan Sastra Inggris ada beberapa hal yang perlu diketahui. Jurusan Sastra Inggris berbeda dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Sastra Inggris adalah program studi yang mempelajari Bahasa Inggris dari sisi linguistik (sisi kebahasaan) dan sastra secara mendalam. Jadi, yang dipelajari bukan hanya mengenai speaking (kemampuan berbicara), writing (menulis), listening (mendengar), dan reading (membaca) saja tetapi juga mempelajari budaya dari bahasa tersebut.

Melansir dari situs Universitas Dian Nusantara, di jurusan ini kalian akan banyak melakukan kajian dari hasil budaya Inggris seperti puisi, prosa, novel, drama, maupun film. Di Sastra Inggris juga, kalian akan menganalisis secara mendalam mengenai budaya-budaya dan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

Sedangkan, di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris akan belajar mengenai cara mengajarkan bahasa Inggris. Dalam hal ini menitikberatkan kemampuan untuk menjadi seorang guru bahasa Inggris.

Di jurusan Sastra Inggris sangat menekankan kemampuan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulis, kemampuan membaca dan memahami sebuah tulisan, kemampuan berpikir terstruktur, kemampuan melakukan analisis, dan keterampilan interpersonal.

Berikut Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris yang dikutip dari laman resmi Universitas Dharma Andalas:

  • 1. Konsultan Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa yang universal. Oleh karena itu, bahasa ini selalu dibutuhkan dan pekerjaan sebagai penerjemah merupakan jasa yang sangat dibutuhkan.
Selain itu, permintaan pasar terhadap penerjemahan untuk buku-buku fiksi maupun non-fiksi juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penerjemah tidak hanya menerjemahkan saja tetapi juga harus memahami konteks budaya, politik, ekonomi, ekonomi, atau disiplin lain dari suatu teks.

  • 2. Interpreter (Penerjemah Lisan)

Selain penerjemah secara tulis juga terdapat penerjemah secara lisan. Kemampuan yang harus dimiliki adalah kecepatan dan ketangkasan dalam menerjemahkan apa yang disampaikan oleh klien. Penerjemah lisan memiliki waktu yang sedikit untuk menerjemahkan daripada penerjemah tulis.

  • 3. Pekerja di Bidang Pemasaran

Seperti yang dijelaskan di atas, di jurusan Sastra Inggris detikers akan mempelajari budaya populer dari Inggris. Budaya populer ini erat kaitannya dengan konsumerisme.
Dengan pengetahuan tersebut kalian dapat menjadikan ini sebagai modal untuk profesi analisis perilaku konsumen dan merancang iklan.

  • 4. Editor dan Asisten Editorial

Di jurusan Sastra Inggris kegiatan membaca dan menulis adalah makanan sehari-hari. Kemampuan tersebut akan mengasah kemampuan lainnya dalam menulis, dan berpikir kritis. Dengan kemampuan tersebut, lulusan Sastra Inggris cocok menjadi editor karena terbiasa membaca, wawasan menjadi luas dan terbiasa menulis yang dapat mengenali berbagai macam gaya penulisan.

  • 5. Penulis Naskah Film/ Serial

Sastra Inggris adalah jurusan yang juga mempelajari kritik karya sastra. Dengan kemampuan tersebut kalian dapat menjadi penulis naskah film/series karena terbiasa mempelajari tentang film.

  • 6. Sastrawan

Di jurusan Sastra Inggris, kalian akan banyak mempelajari tentang teori-teori sastra yang berfokus untuk mengembangkan kemampuan sebagai seorang peneliti kebudayaan. Tidak hanya itu, teori-teori sastra tersebut juga dapat kalian gunakan untuk membuat karya sastra dan menjadi sastrawan.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai jurusan Sastra Inggris beserta prospek kerjanya. Jadi bagaimana? Apakah detikers tertarik untuk mengambil jurusan ini? Jangan sampai salah memahaminya ya antara jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris ya!

Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia