Siap-siap SIMAK UI, Ini Prospek Kerja Lulusan Asuransi dan Aktuaria Vokasi

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 24 Apr 2021 08:00 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Siap-siap SIMAK UI, Ini Prospek Kerja Lulusan Asuransi dan Aktuaria Vokasi (Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO)
Jakarta - Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI 2021 Program Pendidikan Vokasi D3 dan D4 dibuka serentak 3 Mei. Tahun ini, Pendidikan Vokasi UI Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria turut membuka penerimaan mahasiswa baru yang menawarkan prospek kerja.

Pada prodi rumpun ilmu administrasi Pendidikan Vokasi UI ini, kamu bisa belajar mengaplikasikan ilmu aktuaria, statistika, dan ekonomi di industri asuransi, dana pensiun, dan keuangan. Mahasiswa Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria melaksanakan pendidikan selama 3 tahun dan mendapat gelar Ahli Madya.

Di prodi ini terdapat enam jenis profesi yang paling sering dimasuki lulusan, yaitu underwriter, administrasi klaim, aktuaris, broker, financial planner, dan marketing asuransi. Bidang Asuransi dan Aktuaria merupakan pilihan program studi dengan profesi yang menjanjikan bagi lulusan siswa-siswi SMA/SMK.

Pendidikan Vokasi UI prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria menghasilkan lulusan tenaga ahli madya asuransi dan aktuaria profesional bersertifikasi.

Jika berhasil lolos ujian mandiri SIMAK UI pada prodi rumpun ilmu administrasi Pendidikan Vokasi UI ini, nantinya kamu bisa belajar mengaplikasikan ilmu aktuaria, statistika, dan ekonomi di industri asuransi, dana pensiun, dan keuangan untuk menjadi lulusan ahli madya asuransi dan aktuaria profesional tersertifikasi.

Ketua Laboratorium Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria Yulial Hikmah menuturkan, tracer study mendapati enam profesi yang menjadi karier para lulusan prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vokasi UI.

Keenam profesi tersebut yakni underwriter, administrasi klaim, aktuaris, broker, financial planner, dan marketing asuransi.

Underwriter bertugas menilai risiko saat penerimaan calon nasabah. Profesi administrasi klaim bertugas membantu administrasi proses klaim dari nasabah dan proses analisa klaim.

Adapun profesi aktuaris membantu menghitung besar iuran premi dan menghitung cadangan perusahaan. Sementara broker berperan membantu calon nasabah memilih produk yang dibutuhkan dan disesuaikan.

Financial planner bertugas memproyeksi dan menyusun strategi keuangan. Sementara marketing asuransi bertugas mengedukasi dan berhubungan langsung dengan nasabah.

Lulusan Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vokasi UI harus lulus setidaknya tiga sertifikasi profesi. Sertifikasi profesi tersebut di antaranya Ajun Ahli Asuransi Indonesia Jiwa (AAAIJ) dan Ahli Asuransi Indonesia Jiwa (AAIJ), Ajun Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAAIK) dan Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAIK).

Ada juga Associate Societies Actuary Indonesia (ASAI), Certificate in General Insurance (CGI) dan Certificate in Life Insurance (CLI), Certificate of The Malaysian Insurance Institute (CMII) - Life and Certificate of The Malaysian Insurance Institute (CMII) - General, dan Underwriting Asuransi Level 5 dari LSP UI.

mahasiswa wajib mampu lulus pada 3 modul ujian sertifikasi

"Dari sekian banyak sertifikasi profesi tersebut, mahasiswa wajib mampu lulus pada 3 modul ujian sertifikasi. Selebihnya merupakan pilihan mereka," ujar Yulial.

Ketua Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Asrori menuturkan, Vokasi UI menggunakan kurikulum 3:2:1. Pada kurikulum ini, mahasiswa belajar konsep dan praktik di kampus selama 3 semester, belajar di industri selama 2 semester, dan magang di industri selama 1 semester.

Asrori menjelaskan, kurikulum dan silabus Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria mengikuti atau sejalan dengan kurikulum dan silabus Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), dan Malaysian Insurance Institute (MII).

Penyesuaian ini diharapkan mengurangi gap antara pengetahuan dan kecakapan lulusan dengan tuntutan industri. "Dengan metode tersebut, saat lulus, mereka sudah punya bekal pengalaman yang cukup," kata Asrori.

Hasil penerimaan Vokasi UI Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) telah diumumkan 26 Maret 2021.

Jalur penerimaan mahasiswa baru UI selanjutnya dibuka melalui ujian tulis SIMAK UI. Jadwal penerimaan mahasiswa baru UI sebagai berikut:

- Pendaftaran: 3 Mei - 9 Juni 2021
- Ujian: 19 - 21 Juni 2021, menyesuaikan dengan update dari situs resmi LTMPT dan situs Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2021/2022
- Pengumuman: 30 Juni 2021

Informasi selengkapnya tentang penerimaan dan pendaftaran mahasiswa baru Vokasi UI lewat SIMAK UI dapat diakses di penerimaan.ui.ac.id. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia