Kisah Dosen Firman, Bagi-bagi Buku Pakai Motor-Raih Penghargaan ASN Inspiratif

Kisah Dosen Firman, Bagi-bagi Buku Pakai Motor-Raih Penghargaan ASN Inspiratif

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 14 Okt 2022 15:00 WIB
Dosen Untirta sekaligus pegiat literasi, Firman Hadiansyah berhasil raih penghargaan ASN Inspiratif
Foto: Doc. Kemenpan RB/Firman Hadiansyah Raih ASN Inspiratif
Jakarta -

Firman Hadiansyah adalah seorang dosen di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang dikenal sebagai penggiat literasi yang konsisten sejak dahulu. Pada tahun 2021, ia berhasil meraih penghargaan sebagai ASN Inspiratif dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dosen yang juga bertugas di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dikenal telah mencintai dunia literasi sejak kecil. Ayahnya yang berprofesi sebagai seorang kopral dan Ibu yang seorang guru membuat ketertarikan membaca Firman sudah ada sejak SD.

Berhasil Menggagas Motor Literasi

Beranjak dewasa, ketertarikannya di bidang literasi terus meningkat. Hingga pada tahun 2003, Firman menjadi pengelola Taman Baca Masyarakat (2003) di Rumah Dunia.

Tak berhenti di situ, ia juga menginisiasi Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bersama aktivis lainnya pada tahun 2005 yang memiliki ribuan anggota di Indonesia.

Forum ini menjadi wadah bagi para pegiat literasi dan komunitas Taman Bacaan Masyarakat. Pada 2015-2020, Firman mendapatkan amanah menjadi Ketua Umum Forum TBM, dikutip dari laman Kemenpan RB.

Sepak terjangnya di dunia literasi terus berlanjut hingga ia menjadi penggagas komunitas Motor Literasi (Moli) bersama komunitas motor di Banten.

Kegiatan Motor Literasi ini dilakukan dengan touring ke berbagai wilayah di Indonesia dengan membawa sejumlah buku untuk dibagikan.

Kemudian para relawan memberikan pendidikan serta pengetahuan terkait pentingnya membaca hingga ke desa-desa. Hingga saat ini Motor Literasi beranggotakan lebih dari 100 anak motor dan pegiat literasi.

Bertemu Presiden Jokowi hingga Raih Sejumlah Penghargaan

Atas dedikasinya di bidang literasi ini, Firman telah mendapatkan sejumlah penghargaan. Pada tahun 2017, Firman bersama 37 pegiat literasi diundang oleh Presiden RI Joko Widodo ke Istana Negara untuk berdiskusi berkaitan perkembangan literasi di Tanah Air.

Kemudian pada 2022, lulusan S3 Universitas Padjadjaran (Unpad) ini juga meraih penghargaan Literacy Promoted pada perhelatan Indonesia International Book Fair yang diselenggarakan IKAPI dan pernah diberikan motor literasi dari Perpusnas oleh Presiden Jokowi.

Terbaru, Dosen Untirta ini berhasil meraih Top 3 ASN Inspiratif pada Anugerah ASN 2021.


Menurutnya, sebagai seorang akademisi, perlu memberikan segala hal yang telah didapatkan untuk masyarakat.

"Sebagai akademisi, saya harus memberikan apa yang harus memberikan apa yang sudah saya dapatkan untuk diberikan ke masyarakat. Makanya ada yang disebut intelektual organik, jadi yang dibutuhkan oleh masyarakat dari seorang intelektual itu adalah enlightenment, pencerahan," ungkapnya.

"Kita dituntut untuk menyelesaikan masalah di masyarakat. Bilamana seseorang itu mampu menghadapi masalah dan memberi pencerahan pada masyarakat, maka patut kita sebut itulah inspirator sejati," pungkas Firman.



Simak Video "Fakta-Fakta Ngeri Mahasiswa Unpad Tewas di Tangan Teman Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia