ADVERTISEMENT

Most Pop Sepekan

Fakta Pasangan Stanford: Rahasia Kecerdasan Maudy-Suami yang Lulus Magna Cumlaude

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 04 Jun 2022 12:00 WIB
Maudy Ayunda
Fakta Maudy Ayunda-Jesse ChoiFoto: Instagram @maudyayunda
Jakarta -

Maudy Ayunda dan Jesse Choi bertemu pertama kali ketika keduanya menjadi mahasiswa magister di Stanford University. Sebelum bertemu di sana, kedua pasangan ini sudah pernah menyelesaikan studi jenjang sarjana di kampus masing-masing yang juga tak kalah mentereng.

Maudy sebelumnya mengenyam pendidikan S1 di University of Oxford. Sementara, Jesse Jiseok Choi sebagaimana menuliskan dalam akun LinkedIn-nya, adalah alumnus Columbia University.

Ketika lulus dari Columbia University tersebut, Jesse Choi meraih gelar Magna Cumlaude.

Gelar Magna Cumlaude Jesse Choi

Dikatakan dalam laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), predikat Cumlaude diberikan kepada mahasiswa yang berhasil memperoleh IPK tinggi dan memenuhi syarat-syarat dari kampus. Adapun Cumlaude masih terbagi menjadi tiga, yakni Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Summa Cumlaude.

Gelar Cumlaude yang artinya Dengan Pujian atau Kehormatan, disematkan kepada mahasiswa dengan IPK 3,51 sampai 3,79. Agar bisa mendapat gelar tersebut, terdapat pertimbangan lainnya seperti masa studi dan nilai yang memuaskan di semua mata kuliah.

Kemudian, gelar Magna Cumlaude ditujukan kepada mahasiswa yang lulus dengan IPK kisaran 3,80 sampai 3,99. Mereka yang mendapatkannya akan memperoleh predikat Kehormatan Besar atau With Great Honor. Untuk bisa memperolehnya, yang bersangkutan tidak boleh mengulang mata kuliah serta wajib lulus tepat waktu.

Terakhir, ada Summa Cumlaude yang mana agar bisa menyandangnya, IPK seorang mahasiswa wajib di atas 3,99, artinya harus bulat 4,00. Gelar yang dia dapatkan nantinya adalah Kehormatan Tertinggi atau With Highest Praise. Predikat ini ditujukan untuk mahasiswa yang nilainya sempurna dalam semua mata kuliah.

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, Jesse Choi dan Maudy bertemu ketika keduanya belajar di Stanford University. Lantas, apa rahasia kecerdasan Maudy Ayunda hingga dapat diterima di kampus bergengsi dunia tersebut?

Rahasia kecerdasan dan gaya belajar Maudy Ayunda, klik selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia