10 Asrama Mahasiswa Terindah di Dunia, Ada yang Jadi Impianmu?

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 05 Jan 2022 09:00 WIB
Casa dellAccademia, Accademia di Architettura
Foto: Screenshot Swiss Architects
Jakarta -

Kampus biasanya menyediakan asrama mahasiswa untuk menunjang pendidikan para anak didiknya yang berasal dari kampung halaman terbilang jauh. Di berbagai perguruan tinggi, asrama mahasiswa biasanya memiliki desain yang cukup umum dan tidak neko-neko.

Namun, sederet asrama mahasiswa ini berbeda. Para arsitek dan penggagasnya sengaja mendesain area tinggal mahasiswa dengan bentuk yang spektakuler. Mau tahu, asrama mana saja yang dimaksud? Berikut ini daftarnya, dikutip dari The Guardian.

10 Asrama Mahasiswa Terindah di Dunia

1. Baker House, Massachusetts Institute of Technology USA (1946)

Baker House MITBaker House MIT Foto: Screenshot Baker House MIT Edu

Asrama Baker House terletak di sepanjang tepian Sungai Charles di Cambridge. Bangunannya adalah karya arsitek asal Finlandia, Alvar Aalto.

Aalto mendesain asrama ini agar setiap mahasiswa bisa memandang langsung ke arah sungai, namun juga memberikan sensasi privat di setiap kamar. Masing-masing dari 22 ruang kamar tidur di sana mempunyai bentuk yang berbeda.

2. Free University of Urbino, Italia (1962-1965)

Free University of UrbinoFree University of Urbino Foto: Screenshot Architectuul

Maestro di balik Free University of Urbino adalah Giancarlo de Carlo. Di dalamnya muat menampung 1.500 siswa dan dirancang agar bisa memaksimalkan pemandangan.

Arsitektur asrama ini bernuansa sebuah kota di bukit tua pada abad pertengahan. Giancarlo de Carlo juga merancang bangunan tersebut agar para penghuninya dapat menikmati teras luar ruangan melalui atap tetangga yang posisi kamarnya lebih rendah.

3. Peabody Terrace, Harvard (1963-1964)

Peabody Terrace HarvardPeabody Terrace Harvard Foto: Screenshot Harvard University Housing

Asrama mahasiswa Peabody Terrace saat pertama kali dibuka digambarkan oleh penduduk setempat sebagai asrama yang dingin, mengerikan, tidak menarik, tapi menakjubkan dan sebagainya. Namun, para arsitek dan mahasiswa justru memuji desainnya sejak itu.

Asrama ini dirancang khusus untuk para mahasiswa pascasarjana yang telah menikah. Perancangnya adalah arsitek Catalan, Josep Luís Sert, yang merupakan dekan Departemen Arsitektur Harvard kala itu. Bangunannya didesain dengan model menara setinggi 22 lantai dengan beberapa apartemen standar yang disusun agar bisa membuat teras setinggi dua kali lipat.

Asrama indah selanjutnya di halaman 2 >>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia