3 Universitas Terindah di Korea Selatan, Tertarik Kuliah di Sana?

Lusiana Mustinda - detikEdu
Senin, 20 Sep 2021 10:03 WIB
Ewha Womans University
Foto: Ewha Woman's University
Jakarta - Apakah kamu memiliki mimpi untuk melanjutkan kuliah ke Korea Selatan? Selain Jepang, kini Korea Selatan jadi salah satu tempat yang banyak diminati mahasiswa untuk melanjutkan kuliah ataupun pertukaran pelajar.

Korea Selatan adalah negara yang sangat maju dan modern dengan kualitas hidup yang sangat baik serta budaya yang dinamis. Korea Selatan juga memiliki universitas terbaik di Asia dengan harga yang kompetitif.

Korea Selatan juga merupakan sebuah negara di Asia Timur yang membentuk bagian selatan Semenanjung Korea dan pulau-pulau yang berdekatan. Korea Selatan juga disebut sebagai salah satu pusat keuangan internasional terkemuka di dunia dan memiliki ekonomi tertinggi keempat di Asia.

Ada beberapa universitas di Korea Selatan yang dinobatkan sebagai universitas terindah. Bangunannya yang unik dan suasananya yang cantik membuat para pelajar betah berlama-lama di kampus.

Kampus terindah di Korea Selatan, apa saja?

1. Kyung Hee University

Kyung Hee UniversityKyung Hee University Foto: khu.ac.kr

Kyung Hee University didirikan pada tahun 1949 di Heogi-dong, Dongdaemun-gu, Seoul. Kampus ini memiliki taman yang tertata rapih dan bangunan bergaya gotik. Kampus ini juga dinobatkan jadi salah satu kampus terindah di kota Seoul.

Dilansir dalam World Scholarship Forum (21/06/2021), Kyung Hee University juga merupakan situs wisata populer dan menjadi tujuan wisata favorit untuk siswa sekolah dasar dan menengah.

Universitas Kyung Hee memiliki 26 fakultas seperti seni liberal, ekonomi politik, administrasi bisnis, studi medis, farmasi dan pengobatan Korea hingga teknik. Studi kedokteran dan administrasi hotel jadi dua jurusan yang paling populer di Universitas Kyung Hee.

2. Ewha Woman's University

Ewha Woman's UniversityEwha Woman's University Foto: Ewha Woman's University


Ewha Woman's University adalah lembaga pendidikan wanita pertama di Korea. Didirikan pada tahun 1886 oleh Mary F. Scranton, seorang misionaris Amerika dari Gereja Methodist Episcopal. Nama sekolah "Ewha" diberikan oleh Kaisar Gojong (raja ke-26 Dinasti Joseon).

Tiga kebajikan yang dipromosikan Ewha adalah kebenaran, kebaikan dan keindahan. Pada tahun 1910, kursus perguruan tinggi di dirikan selama 4 tahun, tetapi pada tahun 1943 selama pemerintahan kolonial Jepang, sekolah tersebut dicabut namanya "Ewha" dan diturunkan menjadi lembaga kursus 1 tahun.

Pada tahun 1945, ketika Korea dibebaskan dari Jepang, sekolah tersebut mengambil kembali namanya dan kini namanya menjadi Ewha Woman's University.

Universitas ini memiliki 15 sekolah pascasarjana, 11 perguruan tinggi dengan 67 departemen dan beberapa lembaga penelitian.

ECC (Ewha Campus Complex; Basement level 6-1st Floor) baru saja selesai dibangun dan jadi kampus bawah tanah terbesar di Korea. Di tingkat bawah berisi perpustakaan, toko buku, gym, bioskop, kafe dan fasilitas budaya lainnya. Sedangkan ditingkat atas pengunjung dapat menemukan ruang kuliah dan taman ramah lingkungan.

Di area kampus juga ada distrik perbelanjaan paling populer di Seoul. Banyak toko pakaian di daerah tersebut yang menjual baju dengan harga terjangkau. Selain itu banyak juga restoran hingga salon yang bisa dikunjungi anak-anak kampus.

3. Korea University

Korea UniversityKorea University Foto: Korea.edu


Korea University adalah salah satu universitas paling bergengsi di Korea Selatan. Didirikan pada tahun 1905, menjadikan kampus ini sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi tertua di negara tersebut.

Kampus ini memiliki 81 departemen di 19 perguruan tinggi dan divisi serta 18 sekolah pascasarjana dan memiliki lebih dari 1.500 anggota fakultas lebih dari 95 persen dari mereka memegang gelar Ph.D atau kualifikasi setara di bidangnya.

Asosiasi alumni Korea University terdiri dari lebih 280.000 lulusan. Universitas ini terkenal dalam sejarah Korea Selatan karena menjadi lembaga pendidikan pertama yang menawarkan program akademik dalam berbagai disiplin ilmu seperti hukum, ekonomi dan jurnalisme.

Korea University sangat terkenal dengan fakultas hukumnya, yang secara luas dianggap sebagai salah satu program sarjana hukum paling bergengsi di Korea Selatan.

Nah dari ketiga kampus Korea Selatan ini, kira-kira mana yang paling kamu incar detikers?



Simak Video "Korea Selatan Cetak Rekor Lagi Tambahan Kasus Harian Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia