Ada Dana Hibah Rp 154 Juta buat Alumni Kampus Australia, Buruan Cek!

Kristina - detikEdu
Senin, 22 Nov 2021 10:00 WIB
A large payment in Indonesian cash
Ilustrasi Dana Hibah Rp 154 Juta buat Alumni Kampus Australia. Foto: Getty Images/iStockphoto/CraigRJD
Jakarta - Pendaftaran Skema Hibah Alumni (AGS) 2022 gelombang pertama sudah dibuka. Alumni akan menerima hibah hingga Rp 154 juta.

AGS merupakan program pendanaan untuk proyek-proyek inovatif di lingkungan profesional dan komunitas yang dikelola oleh Australia Awards Indonesia. Program ini terbuka untuk semua orang Indonesia yang telah lulus dari perguruan tinggi Australia.

Melansir laman Australia Awards Indonesia, proyek-proyek yang berkaitan dengan upaya pemulihan COVID-19 dianjurkan pada pembukaan kali ini. Penerima akan mendapatkan pendanaan hingga 15.000 dolar Australia atau setara dengan Rp 154.848.951 (kurs Rp 10,323.26).

Program hibah ini terdiri dari dua kategori, yakni proyek hibah dan hibah lanjutan. Proyek hibah memberikan dana kemitraan untuk membangun relasi Indonesia dengan Australia serta dana pendamping yang digunakan untuk mendorong jiwa wiraswasta untuk mendukung pelaksanaan proyek.

Sementara itu, kategori hibah lanjutan bertujuan untuk meningkatkan atau melakukan kegiatan lanjutan dari proyek hibah alumni yang pernah mendapat pendanaan sebelumnya. Alumni dapat mengajukan hibah hingga 10.000 dolar Australia atau sekitar Rp 100 juta.

Siapa Saja yang Bisa Mendaftar?

AGS terbuka bagi seluruh mahasiswa Indonesia yang telah menamatkan studinya di Australia, termasuk mereka yang memiliki kriteria berikut ini:

1. Penerima beasiswa pemerintah Australia, seperti beasiswa Colombo Plan, beasiswa pascasarjana, Program Pertahanan Australia, program DIBC Australia, dan beasiswa Endeavour Australia;

2. Penerima beasiswa dari pemerintah Indonesia;

3. Mahasiswa dengan biaya sendiri;

4. Penerima beasiswa Australia Awards, kursus singkat, dan program kursus intensif Bahasa Inggris untuk mahasiswa asing (ELICOS) di Departemen Imigrasi, Bea Cukai, dan Pengawasan Perbatasan;

5. Peserta program yang diselenggarakan oleh pemerintah Australia seperti Program Pertukaran Muslim Australia Indonesia, Program Pertukaran Pemuda Australia Indonesia, dan Program Kunjungan Jurnalis.

Bagaimana Cara Pendaftarannya?

Bagi detikers yang tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai penerima hibah alumni, lamaran dapat dikirimkan di sini sebelum 23 Januari 2022 pukul 23:45 WIB. Informasi lebih lanjut mengenai program AGS dapat ditanyakan melalui email ags@australiaawardsindonesia.org.

Simak Video "Fleksibilitas Universitas Terbuka Membawa Mahasiswanya Berprestasi"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia