6 Beasiswa Kuliah Double Degree dari Australia Awards Dibuka, Cek Infonya di Sini

Kristina - detikEdu
Sabtu, 23 Okt 2021 11:30 WIB
Graduate Student and Success Education in University Concept. Happy Asian student woman graduate diploma and MBA degree in asian college.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Pra-chid
Jakarta - Australia Awards sedang membuka Beasiswa Split-Site Master's Program (SSMP) untuk tahun akademik 2022-2024. Mahasiswa akan meraih dua gelar S2 sekaligus dari universitas ternama di Australia dan Indonesia.

SSMP merupakan implementasi kerjasama antara Pemerintah Australia melalui Australia Awards in Indonesia (AAI) dan Pemerintah Indonesia dengan kesepakatan pendanaan bersama. Program ini telah dilaksanakan sejak 2017 dan bermitra dengan 11 organisasi dari Pemerintah Indonesia, baik dari tingkat kementerian maupun pemerintah daerah.

Penerima beasiswa SSMP akan menjalani perkuliahan di kampus mitra baik Australia maupun Indonesia. Program ini ditempuh dalam kurun waktu 2,5 tahun, dua semester pertama di universitas Indonesia dan dua semester terakhir di universitas Australia. Pada pertengahan semester, sekitar bulan Juli-Desember akan dilakukan Pre-Departure Training di Indonesia.

Melansir australiaawardsindonesia.org, berikut 6 beasiswa magister Split-Site untuk pegawai negeri sipil (PNS) di berbagai lingkungan organisasi:

1. Beasiswa Magister Split-Site untuk PNS Lingkungan BPS

Program ini terbuka untuk PNS Indonesia yang bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS) dan tertarik dengan Ekonomi dan Kebijakan Publik. Nantinya, penerima beasiswa akan menjalani studi di Universitas Airlangga dan University of Western Australia untuk tahun akademik 2022-2024.

Program beasiswa ini terdiri dari satu tahun studi di Universitas Airlangga dan satu tahun studi di University of Western Australia. Di akhir studi, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar, yaitu Magister Ekonomi dan Magister Kebijakan Publik.

Pendaftaran dibuka hingga 15 Januari 2022. Informasi lebih lanjut tentang prosedur, persyaratan, dan jadwal beasiswa dapat dilihat pada laman australiaawardsindonesia.org.

2. Beasiswa Magister Split-Site untuk PNS Lingkungan Kemenkeu

Beasiswa ini dibuka untuk PNS Indonesia yang bekerja di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan berminat untuk mempelajari kebijakan dan manajemen publik, serta ilmu administrasi. Mahasiswa akan menjalani perkuliahan di Universitas Indonesia dan The University of Melbourne untuk tahun akademik 2022-2024.

Program beasiswa ini terdiri dari satu tahun studi di Universitas Indonesia dan satu tahun studi di The University of Melbourne, Australia. Pada akhir studi, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar, yaitu Magister Administrasi dan Magister Kebijakan dan Manajemen Publik.

Seleksi internal Kemenkeu akan dilakukan pada pertengahan Januari hingga awal Maret 2022. Informasi lebih lanjut tentang prosedur, persyaratan, dan jadwal beasiswa dapat dilihat pada laman australiaawardsindonesia.org.

3. Beasiswa Magister Split-Site untuk PNS di Bidang Sosial

Beasiswa ini dibuka untuk PNS yang bekerja di Bidang Sosial. Program ini merupakan kerjasama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dengan Australia Awards di Indonesia.

Mahasiswa akan menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada dan University of Melbourne, untuk tahun akademik 2022-2024. Pada akhir studi, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar, yaitu Magister Sosiologi dan Magister Kebijakan Sosial.

Bagi detikers yang tertarik untuk mengikuti program ini, pendaftaran dapat dilakukan paling lambat 29 Oktober 2021. Informasi lebih lanjut tentang prosedur, persyaratan, dan jadwal beasiswa dapat dilihat di australiaawardsindonesia.org.

4. Beasiswa Magister Split-Site untuk PNS di Sektor Pariwisata

Beasiswa ini dibuka untuk PNS yang bekerja di Sektor Pariwisata. Nantinya, mahasiswa akan menjalani studi di Institut Teknologi Bandung selama satu tahun dan di Monash University Australia selama satu tahun berikutnya.

Pada akhir studi, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar sekaligus, yaitu Magister Perencanaan Pariwisata dan Magister Manajemen Pariwisata Berkelanjutan Internasional. Bagi detikers yang tertarik, dapat melakukan pendaftaran paling lambat pada 29 Oktober 2021.

Untuk informasi lebih lanjut tentang prosedur, persyaratan, dan jadwal beasiswa dapat dilihat di australiaawardsindonesia.org.

5. Beasiswa Magister Split-Site untuk PNS di Bidang Kesehatan

Bagi detikers yang bekerja sebagai PNS di Bidang Kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti kuliah double degree di Indonesia dan Australia. Program ini merupakan kerjasama BAPPENAS dengan Australia Awards di Indonesia, Universitas Airlangga, dan Griffith University untuk tahun ajaran 2022-2024.

Program beasiswa ini terdiri dari satu tahun studi di Universitas Airlangga, Indonesia dan satu tahun studi di Griffith University, Australia. Pada akhir studi, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar, yaitu Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Magister Kesehatan Masyarakat Global.

Pendaftaran dibuka hingga 29 Oktober 2021. Informasi lebih lanjut tentang prosedur, persyaratan, dan jadwal beasiswa dapat dilihat pada laman australiaawardsindonesia.org.

6. Beasiswa Magister Split-Site untuk PNS di Kabupaten Gorontalo

Beasiswa ini terbuka bagi PNS yang bekerja di Kabupaten Gorontalo dan tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Australia dan Indonesia. Program ini merupakan kerjasama kabupaten Gorontalo bekerja sama dengan Australia Awards di Indonesia, Universitas Indonesia, dan Universitas Griffith, untuk tahun akademik 2022-2024.

Pada akhir studi, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar, yaitu Magister Biologi/Magister Geografi dan Magister Pembangunan Global. Nah, pendaftaran masih dibuka hingga 15 Januari 2022 mendatang.

Informasi lebih lanjut seputar beasiswa ini dapat dilihat pada laman australiaawardsindonesia.org.



Simak Video "Fleksibilitas Universitas Terbuka Membawa Mahasiswanya Berprestasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia