Rahasia Terra Lolos Program IISMA, Mahasiswi Unsoed yang Kuliah di Amerika

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 01 Nov 2021 09:00 WIB
kulaih di Amerika lewat IISMA
Foto: doc. unsoed.ac.id
Jakarta - Hal terpenting bagi mahasiswa saat kuliah adalah mencari pengalaman sebanyak mungkin. Tujuannya agar mahasiswa memiliki skill atau kemampuan untuk menghadapi dunia setelah bekerja.


Salah satu jalan untuk mencari pengalaman tersebut bisa dilakukan dengan pertukaran pelajar ke luar negeri. Seperti yang dilakukan oleh Terra Dei Alibazah, mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).


IISMA adalah salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa beasiswa pemerintah untuk membiayai mahasiswa Indonesia untuk merasakan nuansa belajar di universitas top luar negeri.


Mimpi yang Jadi Kenyataan


Terra mendapatkan kesempatan menempuh semester di salah satu kampus ternama di Amerika Serikat yaitu University of California Davis (UC Davis), USA.


Bagi Terra, hal tersebut seperti mimpi yang menjadi kenyataan karena bisa kuliah di Amerika memang sebuah keinginan yang ia pendam selama ini.


"Saya selalu ingin belajar di Amerika, terlebih di salah satu Kampus ternama seperti UC Davis," jelasnya seperti dikutip dari laman resmi Unsoed, Minggu (31/10/2021).


Melalui program IISMA ini, Terra mengungkapkan tidak sekedar menyerap pengalaman studi namun juga banyak pengalaman lainnya.


"Dengan program ini saya juga bisa mempelajari budaya baru, ilmu yang lebih luas, melengkapi softskill dan hardskill, serta kemampuan komunikasi," ungkapnya.


Rahasia Lolos Program IISMA


Meski harus melalui seleksi yang ketat, namun Terra berharap ke depan semakin banyak mahasiswa Unsoed yang berkesempatan mengikuti IISMA ini.


"Seleksinya memang cukup ketat, namun dengan berusaha tidak ada yang tidak mungkin," jelasnya.


Lebih lanjut, Mahasiswa Jurusan Matematika ini pun tak segan membagikan rahasianya mengikuti IISMA, salah satunya adalah mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris.

Kemudian, mahasiswa juga perlu melengkapi CV dengan berbagai pengalaman atau kegiatan kampus serta soft skill.


"Selain itu, penting juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan menunjang CV dan soft skills seperti mengikuti SEF Unsoed yang memberikan saya pengalaman mengajar TOEFL, menjadi koordinator Divisi Pendidikan, serta koneksi dengan alumni," lanjutnya.


Terkait koneksi dengan alumni, Terra hal itu sangatlah penting, terutama alumni yang berpengalaman di luar negeri. Dengan begitu, mahasiswa bisa mendapatkan info yang nantinya sangat bermanfaat dalam membantu kebutuhan esai serta pertanyaan interview.


Melalui program ini, Terra juga berharap dapat mewujudkan cita-citanya dan dapat melanjutkan studi lanjut di luar negeri.


"Saya juga berharap program IISMA dapat berjalan dengan lancar dan selalu ada untuk batch selanjutnya, sehingga membantu mahasiswa Indonesia meraih cita-cita untuk belajar di Universitas-universitas bergengsi di dunia," pungkasnya.

Lihat juga video 'Kisah Anak Sopir Angkot Balas Cibiran dengan Lulus Kuliah di Taiwan':

[Gambas:Video 20detik]



(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia