Dinobatkan Jadi Top 2% Ilmuwan Dunia 2021, Ini Sosok Tedjo Sasmono

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 27 Okt 2021 19:00 WIB
Tedjo Sasmono
Foto: Dok. Ejikman Institute/Dinobatkan Jadi Top 2% Ilmuwan Dunia 2021, Ini Sosok Tedjo Sasmono
Jakarta - Ada dua ilmuwan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang termasuk dalam jajaran 2% saintis teratas dunia 2021. Mereka adalah Ratih Pangestuti dan Tedjo Sasmono.

Peringkat Top 2% World Ranking Scientists ini dirilis oleh peneliti dari Universitas Stanford, John Ioannidis bersama Jeroen Baas dan Kevin Boyack.

Tedjo Sasmono sendiri merupakan peneliti senior Pusat Riset Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman BRIN. Dia menjadi periset di LBM Eijkman sejak 1994.

Melansir dari Eijkman, karier saintifiknya itu sudah dimulai segera setelah Sasmono lulus dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Pasca dari UGM, dia menempuh studi selanjutnya di Queensland University di bidang Biologi Molekuler. Masih di kampus dan jurusan yang sama, Sasmono menjalani program doktoral hingga tahun 2003.

Tak berhenti di situ, dirinya melakukan studi pasca doktoral di Queensland University dan pelatihan pasca doktoral di Monash University. Saat ini, Tedjo Sasmono merupakan ketua Unit Penelitian Demam Berdarah Dengue (DBD) di PRBM Eijkman.

Ketertarikan Sasmono pada DBD bermula dari kenyataan di mana penyakit itu hingga sekarang masih menghantui Indonesia. "Indonesia menempati posisi tertinggi dalam kasus penyakit dengue di Asia Tenggara. Selain itu, dari empat jenis virus dengue, keempatnya ada di Indonesia," kata dia seperti dikutip dari rilis BRIN yang diterima pada Rabu (27/10/2021).

Ada sejumlah faktor penyebab tingginya kasus DBD di Indonesia. Menurutnya, jumlah penduduk, lingkungan yang tropis, sanitasi yang buruk, dan rendahnya kesadaran masyarakat merupakan faktor utama.

Sasmono dinobatkan sebagai top 2% ilmuwan teratas dunia 2021 berdasarkan data lebih dari 100 ribu saintis terbaik. Pada pemeringkatan tersebut, para peneliti digolongkan dalam 22 bidang dan 176 sub bidang keilmuan.

Terinspirasi menjadi seperti dia, detikers?



Simak Video "Perhatikan Gantungan Bajumu, Nyamuk Suka dengan Bau Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia