Ada 13 Kebiasaan Unik Orang Cerdas, Pemalas Termasuk?

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 26 Okt 2021 13:00 WIB
Young asian woman studying in the room. Education concept. Science technology. Mathematics.
Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks/Ada 13 Kebiasaan Unik Orang Cerdas, Pemalas Termasuk?
Jakarta -

Riset mengungkap 13 kebiasaan unik orang cerdas yang ternyata mampu meningkatkan kerja otak. Tak heran jika orang cerdas memiliki daya ingat, kreativitas, dan mampu memberi solusi lebih baik.

Melansir dari The Healthy, berikut ini rangkuman kebiasaan aneh yang dilakukan mereka yang tergolong orang cerdas. Coba simak, apakah kalian juga memilikinya!

13 kebiasaan unik orang cerdas

1. Gemar Begadang

Seseorang yang memiliki kecerdasan tinggi, dikatakan mempunyai kebiasaan tidur malam lebih larut. Dalam penelitian yang dilakukan di London School of Economics and Political Science, dikatakan terjaga hingga larut malam dapat menyebabkan seseorang menghasilkan ide baru yang menarik.

Barangkali banyak yang tidak setuju dengan kebiasaan ini karena bisa jadi kurang sehat bagi tubuh. Tetapi, orang cerdas menganggap bekerja di malam hari lebih nyaman.

2. Suka Mengumpat

Pada umumnya, orang mengira seseorang yang suka mengumpat mencerminkan rendahnya pendidikan dan kecerdasannya. Namun, satu studi yang dilakukan Timothy Jay justru mengatakan orang yang gemar mengeluarkan kata umpatan mempunyai pengetahuan kosa kata lebih banyak dibandingkan lainnya.

"Kefasihan dalam kata-kata tabu atau umpatan berkorelasi positif dengan kefasihan verbal secara keseluruhan," terang Jay.

Salah satu ciri orang dengan kecerdasan lebih tinggi adalah kemampuan linguistik. Peneliti yang lain, Dr. Wai, menyampaikan orang cerdas paham lebih banyak kosa kata dan tahu kapan waktu untuk menggunakannya, meski tidak terlalu sering memakainya.

3. Menyukai Mandi Air Dingin

Mandi air dingin dapat menaikkan energi seseorang. Hal itu disampaikanpenelitian dari Finlandia yang membuktikan bahwa adaptasi terhadap air dingin berkorelasi pada penurunan ketegangan dan kelelahan secara signifikan.

Di samping itu, mandi air dingin dapat meningkatkan suasana hati dan memori. Respons ini pada akhirnya mendorong peningkatan produktivitas dan fungsi otak.

4. Tidak Suka Mendengar Kunyahan Orang Lain

Studi dari Northwestern University membuktikan orang yang kemampuan kecerdasannya tinggi cenderung tidak mampu menyaring informasi sensorik yang tidak relevan.

Maksudnya, dia mendengar jelas semua yang ditangkap indra sensoriknya. Dan inilah yang kerap disebut dengan 'kebocoran gerbang sensorik'.

"Gerbang sensorik yang bocor dapat membantu orang dalam mengintegrasikan ide-ide yang berada di luar fokus perhatiannya selama ini. Kemudian mereka akan mengimplementasikannya menjadi sebuah kreativitas di dunia nyata," jelas Dr. Wai.

Dia juga menduga hal ini bisa jadi ada kaitannya dengan kebiasaan orang cerdas yang suka begadang. Karena, mereka butuh suasana yang tenang tanpa sedikit pun gangguan.

5. Suka Corat-coret

Penulis The Doodle Revolution, Sunni Brown mengatakan corat-coret mempengaruhi seseorang dalam memproses informasi dan pemecahan masalah. Ide yang dia kemukakan didukung sebuah studi di Inggris yang menyatakan seseorang bisa mengingat 29 persen lebih banyak informasi apabila mereka mencorat-coret.

Corat-coret tanpa berpikir dapat bermanfaat bagi memori serta memberi otak cara visual dalam mengekspresikan konsep dan emosi.

Namun, Dr. Wai memiliki teori yang dimaksud mungkin bukan benar-benar kegiatan corat-coret. Melainkan, yang terpenting adalah istirahat sejenak dari segala aktivitas. Pasalnya, sebagian orang punya pikiran yang bekerja tanpa sadar.

6. Cenderung Mengkritik Diri Sendiri

Banyak orang kemungkinan berpikir bahwa orang cerdas sudah pasti percaya diri. Akan tetapi, penelitian justru menunjukkan bahwa orang cerdas tidak seperti itu.

Pada penelitian dari Cornell University di tahun 1999, ilmuwan menemukan, orang-orang yang tidak kompeten tidak mengenali ketidakmampuan mereka sendiri. Sehingga, penilaian diri mereka meningkat.

Sementara, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa orang-orang yang sangat kompeten cenderung meremehkan kemampuan mereka. Orang-orang ini tahu seberapa banyak pengetahuan yang ada di luar sana. Daripada percaya diri, mereka cenderung mengkritik diri sendiri.

Kebiasaan unik orang cerdas lainnya bisa dibaca di halaman berikut

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia