Metode STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

Tim detikcom - detikEdu
Sabtu, 03 Apr 2021 17:07 WIB
ilustrasi anak
Metode STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini (Ilustrasi Foto: iStock)
Jakarta - Anak pada usia dini sedang pada masa di mana mereka belajar mengenai berbagai hal baru yang akan membentuk diri mereka. Apakah detikers tahu tentang berbagai metode pembelajaran anak usia dini yang seringkali digunakan?

Salah satu jenis metode yang cukup populer dan penting untuk diterapkan yaitu metode STEAM. Nama ini merupakan kepanjangan dari Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics. Metode ini memiliki tujuan agar dapat membantu stimulasi lima aspek tersebut pada anak dan juga pola pikir mereka.

Terdapat berbagai tips agar metode ini dapat dijalankan dengan baik. Selain itu, orangtua dan juga guru memegang peranan cukup penting dalam menjalankan metode ini.

Mengenal Metode STEAM

Berikut penjelasan dari metode pembelajaran anak usia dini dengan STEAM lebih lanjut agar detikers dapat memahami lebih dalam lagi:

1. Science yang menjadi sebuah proses bagi anak untuk memahami dan juga mencari tahu tentang berbagai hal. Anak dapat mengeksplorasi tentang berbagai hal dengan mencari data yang sesuai lalu menemukan hubungan serta pola dari kejadian yang ada. Metode ini dapat membuat anak menjadi lebih peka akan kejadian yang terjadi di sekitar mereka. Selain itu, hal ini juga dapat membentuk anak untuk menjadi lebih kritis dalam berpikir.

2. Technology dapat dikenalkan kepada anak mulai dari yang sederhana terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar anak dapat menggunakan dan juga mengembangkan apa yang mereka gunakan. Cara ini dapat membantu anak untuk mencari tahu apa minat serta bakat yang mereka miliki.

3. Engineering dapat dilakukan dengan cara membuat simulasi untuk memecahkan sebuah masalah dari yang terkecil terlebih dahulu. Cara ini dapat dilakukan dengan merangkai untuk menjadi mobil atau bentuk lainnya.

4. Art dilakukan untuk melatih anak dalam bereksperimen dengan imajinasi yang mereka miliki. Anak dapat mengeksplorasi pikiran serta kreativitas yang dimiliki. Anak dapat melakukan berbagai macam keinginan mereka tanpa harus mengikuti struktur yang ada sehingga dapat bebas.

5. Mathematics untuk mengetahui konsep dasar yang ada pada matematika. Anak dapat diajak untuk melakukan prediksi atau melihat angka untuk membedakan mana yang lebih banyak atau sedikit.

Tips dalam Menjalankan Metode STEAM

Dalam melakukan metode pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan STEM, terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Perlu untuk orangtua atau guru menggunakan berbagai alat serta material yang beragam.

Berbagai metode juga dapat digabungkan sehingga tidak harus bertumpu pada satu prinsip saja. Selain itu, selalu melihat perkembangan dari metode yang digunakan. Hal ini juga bertujuan agar anak mendapatkan materi yang terbaru dan tidak hanya terpaku pada satu sumber saja.

Kegiatan yang dilakukan juga perlu untuk disesuaikan dengan jiwa anak-anak. Permainan yang dapat membuat mereka merasa senang dibarengi dengan metode pembelajaran yang digunakan. Hal ini dapat membantu anak untuk tetap merasa tertarik dan nyaman dengan metode tersebut.

Peran Orangtua dan Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Dalam menjalankan metode pembelajaran anak usia dini, orangtua beserta guru memiliki peranan penting dalam keberhasilan metode ini. Orang Tua maupun guru berperan sebagai pendamping atau fasilitator dari kegiatan pembelajaran yang mereka lewati.

Misalnya dengan memberikan arahan atau pujian ketika mereka berhasil menyelesaikan suatu tantangan. Anak juga dapat diberikan permainan merangkap pembelajaran dengan metode yang menyenangkan.

Selain itu, perlu juga untuk mempersiapkan apa saja kebutuhan dari anak tersebut agar mereka dapat belajar dengan baik. Pastikan pula anak berada pada tempat yang nyaman dan juga aman untuk mereka beraktivitas.

Simak Video "Tak Ada Bazzar, Penjual Takji Tetap Berjualan di Sepanjang Jalan Benhil"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia