Ini Cara Memelihara Organ Peredaran Darah Manusia, Yuk Simak!

Ini Cara Memelihara Organ Peredaran Darah Manusia, Yuk Simak!

Anisa Rizki Febriai - detikEdu
Rabu, 30 Nov 2022 13:40 WIB
Jantung manusia
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Organ peredaran darah manusia penting untuk dijaga. Sebab, jika kesehatan organ peredaran darah terganggu maka akan berimbas pada fungsi tubuh lainnya.

Materi tentang organ peredaran darah dibahas dalam mata pelajaran Biologi. Organ peredaran darah manusia bekerja sesuai peran dan fungsinya masing-masing.

Peredaran darah terdiri dari jantung dan jaringan pembuluh darah atau sistem kardiovaskuler. Sistem tersebut dinilai penting karena menjamin kelangsungan hidup manusia serta mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh.

Memelihara kesehatan organ peredaran darah dinilai penting. Ini dimaksudkan agar sistem dan fungsi tubuh tidak terganggu.

Sebelum membahas mengenai cara memelihara organ peredaran darah, ada baiknya detikers mengetahui organ mana saja yang berperan dalam proses peredaran darah.

Organ Peredaran Darah pada Manusia

Mengutip dari buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas V tulisan Tim Tunas Karya Guru, alat atau organ peredaran darah manusia terdiri atas jaringan darah, jantung, dan pembuluh darah.

1. Jaringan Darah

Darah tersusun atas sel-sel darah dan plasma (cairan) darah. Sel-sel darah dapat dibedakan atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit).

Jaringan darah berfungsi mengangkut oksigen dan sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, menjaga panas tubuh, menghantarkan hormon, membawa zat sisa ke sistem ekskresi, serta melawan infeksi kuman penyakit.

2. Jantung

Organ peredaran darah selanjutnya ialah jantung. Organ ini berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Terdapat empat ruang dalam jantung, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.

Serambi jantung menjadi ruang masuknya darah ke jantung. Jadi, serambi kanan menerima darah kotor yang mengandung CO2 dari seluruh tubuh, sementara serambi kiri menerima darah bersih yang mengandung O2 dari paru-paru.

Bilik jantung berfungsi sebagai ruang untuk memompa darah keluar dari jantung. Bilik kanan memompa darah kotor dari jantung ke paru-paru, sedangkan bilik kiri memompa darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh.

3. Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan organ yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah dibedakan menjadi tiga macam, yaitu kapiler, nadi atau arteri, dan vena.

Kapiler merupakan pembuluh darah terkecil dan terbanyak. Selain itu, kapiler juga menjadi penghubung dari vena dan arteri.

Pembuluh nadi atau arteri berfungsi membawa darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Nadi memiliki dinding yang tebal dan elastis, apabila terpotong darah akan memancar keluar.

Selain itu ada vena atau pembuluh balik yang fungsinya mengalirkan darah dari seluruh bagian tubuh ke jantung. Pembuluh vena memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis, letaknya di bawah kulit.

Cara Memelihara Organ Peredaran Darah Manusia

Organ peredaran darah manusia harus dijaga, sebab jika tidak akan timbul berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh. Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah yaitu jantung koroner, hipertensi, pengerasan pembuluh nadi, hingga varises.

Dalam buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5 yang disusun oleh Christiana Umi, terdapat sejumlah cara untuk memelihara organ peredaran darah manusia. Apa saja? Berikut pemaparannya.

- Dengan mengonsumsi makanan bergizi, maka organ peredaran darah akan terjaga kesehatannya
- Berolahraga secara teratur juga menjadi salah satu cara untuk memelihara organ peredaran darah manusia
- Menghindari makanan berlemak akan membantu menjaga organ peredaran darah
- Beristirahat dengan cukup seperti mendapatkan waktu tidur yang ideal juga jadi salah satu cara untuk memelihara organ peredaran darah
- Tidak merokok dan minum-minuman beralkohol merupakan cara menjaga kesehatan organ peredaran darah

Nah, itulah pembahasan mengenai organ peredaran darah beserta cara memeliharanya. Semoga pembahasan di atas dapat menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Kominfo Blokir Situs dan Grup Medsos Jual Beli Organ di Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia