Urutan Peredaran Darah yang Benar pada Manusia, Pelajari Ya!

Urutan Peredaran Darah yang Benar pada Manusia, Pelajari Ya!

Anisa Rizki - detikEdu
Rabu, 30 Nov 2022 06:14 WIB
Palang Merah Indonesia DKI Jakarta bersama Lions Club District 307-B1 menyelenggarakan donor darah di Thamrin City, Jakarta, Kamis (20/10/2022). Acara tersebut bertujuan untuk menjemput bola dalam rangka 1000 kantong darah.
Foto: Dok. PMI/ Ilustrasi Urutan Peredaran Darah yang Benar pada Manusia
Jakarta -

Menjadi salah satu unsur penting dalam tubuh manusia, darah memiliki mekanisme peredarannya sendiri. Sistem peredaran darah terbagi ke dalam dua jenis, yakni besar dan kecil.

Sistem peredaran darah manusia melibatkan darah, jantung, dan pembuluh darah. Adapun, komponen darah terdiri dari plasma darah dan sel-sel darah.

Dikutip dari buku IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII A tulisan Agung Wijaya, sel-sel tersebut terbagi ke dalam sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). Umumnya, volume darah manusia kurang lebih 8% dari berat badannya.

Sebelum mengetahui urutan peredaran darah yang benar, alangkah baiknya detikers mengenal berbagai pembuluh darah yang ada dalam tubuh manusia.

Pembuluh Darah pada Manusia

Pembuluh darah manusia terdiri dari pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mengutip dari buku IPA Terpadu Jilid 2A yang disusun oleh Mikrajuddi dkk, berikut pembahasannya.

1. Arteri

Arteri atau pembuluh nadi merupakan semua pembuluh darah yang arahnya meninggalkan jantung dan membawa darah keluar dari jantung. Letaknya tersembunyi dan berada di dalam permukaan tubuh. Selain itu, hanya bagian-bagian pembuluh nadi tertentu yang dapat dirasakan denyutnya, seperti di pergelangan tangan dan leher.

Pembuluh nadi membantu pemompaan jantung dalam peredaran darah. Arteri memiliki katup berbentuk bulan sabit yang terletak di luar jantung, yaitu pada pangkal aorta, sebuah nadi besar. Fungsi dari katup tersebut untuk mengatur darah agar tetap searah.

2. Vena

Vena adalah pembuluh darah yang membawa darah kembali ke jantung. Umumnya, pembuluh balik terletak di permukaan tubuh dan banyak yang bisa diamati dengan mudah. Vena tampak kebiruan dan tidak memiliki denyut.

3. Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang halus dan langsung berhubungan dengan sel-sel jaringan tubuh. Dinding pembuluh kapiler hanya berupa selapis sel. Fungsinya sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Urutan Peredaran Darah yang Benar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem peredaran darah dibagi ke dalam dua jenis, yaitu peredaran darah kecil dan besar. Peredaran darah manusia termasuk ke dalam peredaran darah tertutup dikarenakan darah selalu beredar dalam pembuluh darah.

Lantas, bagaimana urutan peredaran darah kecil dan besar yang benar?

1. Urutan Peredaran Darah Kecil

Peredaran darah kecil dimulai dari jantung menuju ke paru-paru, dan kembali ke jantung. Jika diuraikan secara detail, berikut urutannya.

Jantung (bilik kanan) - pembuluh nadi paru-paru - paru-paru - pembuluh balik paru-paru - jantung (serambi kiri)

2. Urutan Peredaran Darah Besar

Urutan sistem peredaran darah besar berbeda dengan darah kecil. Pada peredaran darah ini, ada sebuah sistem porta hepatika, artinya sebelum darah akan masuk terlebih dahulu ke dalam hati untuk dibersihkan dari racun-racun sebelum kembali ke jantung melalui pembuluh balik (vena).

Secara singkat, berikut urutan sistem peredaran darah besar.

Jantung (bilik kiri) - aorta - pembuluh nadi - pembuluh kapiler - pembuluh balik atas dan pembuluh balik bawah - jantung (serambi kanan)



Simak Video "Serangan Zombie!"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia