Daftar 7 Hewan dengan Umur Terpanjang, Ada yang Hidup Abadi

Daftar 7 Hewan dengan Umur Terpanjang, Ada yang Hidup Abadi

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 31 Okt 2022 20:05 WIB
Manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa kepalanya, beda dengan hewan ini yang bisa dengan tenang menumbuhkan kembali kepalanya. Para ilmuwan pun menganalisis fenomena menarik ini.

Hewan tersebut adalah hewan air hydra. Hydra masuk dalam kelompok invertebrata yang lebih besar yang disebut cnidaria, yang juga termasuk anemon laut, karang, dan ubur-ubur.
Foto: via Pop Science/David Plachetzki/hewan hydra
Jakarta -

Kura-kura dikenal dengan hewan dengan umur terpanjang di dunia. Tapi nyatanya, ada beberapa hewan yang hidup lebih lama hingga puluhan ribu tahun.

Secara umum, hewan yang hidup sangat lama dilengkapi dengan sifat untuk bertahan dan bahkan bisa menghentikan atau membalikkan proses penuaan.

Misalnya seperti hewan yang hidup di air. Bisa bertahan sangat lama di kedalaman karena kondisi di kedalaman yang stabil dan konsisten.


Para ilmuwan memang tidak dapat merekam kelahiran dan kematian setiap anggota suatu spesies, namun mereka biasanya memperkirakan rentang hidup maksimum berdasarkan apa yang diketahui tentang biologi suatu spesies.

Berikut adalah 7 hewan yang hidup paling lama di dunia saat ini, dikutip Live Science.

Daftar 7 Hewan dengan Umur Terpanjang:


1. Hydra - Berpotensi Abadi

Hydra adalah sekelompok invertebrata kecil dengan tubuh lunak yang sedikit menyerupai ubur-ubur. Hewan ini memiliki potensi untuk hidup selamanya.

Hydra sebagian besar terdiri dari sel induk, yang terus beregenerasi melalui duplikasi atau kloning, sehingga hewan ini tidak memburuk seiring bertambahnya usia.

Mereka memang mati dalam kondisi alami karena ancaman seperti predator dan penyakit, tetapi tanpa bahaya eksternal ini, hydra dapat terus beregenerasi selamanya.

2. Turritopsis Dohrnii - Berpotensi Abadi

Museum Sejarah Alam di London, mengatakan ubur-ubur satu ini bisa hidup abadi karena dapat membalikkan siklus hidup mereka beberapa kali sehingga memungkinkan tidak pernah mati karena usia tua.

Ubur-ubur yang berasal dari Laut Mediterania juga berukuran kecil yakni kurang dari 0,2 inci (4,5 milimeter). Sehingga bisa mencegah untuk terlihat predator seperti ikan.

3. Spons - 10.000+ Tahun

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Geology (buka di tab baru) memperkirakan bahwa spons kaca milik spesies Monorhaphis chuni berusia sekitar 11.000 tahun.

4. Black Coral - 4.000+ Tahun

Karang ini terdiri dari eksoskeleton invertebrata yang disebut polip. Polip ini terus berkembang biak dan menggantikan diri mereka sendiri dengan membuat salinan identik secara genetik.

Spesimen karang hitam yang ditemukan di lepas pantai Hawaii telah diketahui usia radiokarbonnya 4.265 tahun.

5. Ocean Quahog Clams - 500+ Tahun

Kerang Arctica islandica adalah hewan yang menghuni Samudra Atlantik Utara. Satu kerang quahog laut pernah ditemukan di lepas pantai Islandia pada tahun 2006 berusia 507 tahun, menurut National Museum Wales di Inggris.

6. Cacing Tabung - 300+ Tahun

Dalam Jurnal The Science of Nature tahun 2017 ditemukan bahwa Escarpia laminata, spesies cacing tabung yang di Teluk Meksiko bisa hidup hingga 200 tahun dan bahkan beberapa spesimen bertahan lebih dari 300 tahun.

7. Hiu Greenland - 272+ Tahun

Sebuah studi tahun 2016 tentang jaringan mata Hiu Greenland, yang diterbitkan dalam jurnal Science, memperkirakan bahwa hiu ini dapat memiliki rentang hidup maksimum setidaknya 272 tahun.

Nah, itulah sederet hewan yang hidup paling lama di dunia. Apakah detikers pernah melihat salah satunya?



Simak Video "Raisa Sempat Fobia Ikan Hiu Gegara Film"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia