Hewan-hewan Ini Ngupil Kayak Manusia, Terbaru dari Spesies Lemur

Hewan-hewan Ini Ngupil Kayak Manusia, Terbaru dari Spesies Lemur

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 29 Okt 2022 07:00 WIB
Monkey hand holding child hand
Ilustrasi hewan yang ngupil kayak manusia. Foto: Getty Images/iStockphoto/thekekster
Jakarta -

Aye-aye menjadi binatang berikutnya yang termasuk dalam kelompok hewan yang gemar mengupil. Primata asal Madagaskar itu telah terekam untuk pertama kalinya, memasukkan jari tengah sepanjang 8 cm ke dalam hidung.

Setelah mengupil, primata tersebut menjilat ingusnya hingga bersih. Penemuan ini pun dituangkan ke dalam sebuah artikel sains berjudul "A review of nose picking in primates with new evidence of its occurrence in Daubentonia madagascariensis" yang diterbitkan di Jurnal Zoology.

Aye-aye adalah spesies lemur nokturnal yang ditemukan di Madagaskar. Mereka mempunyai dua jari yang sangat panjang untuk mencari dan mengekstrak larva dari pohon.

Sayangnya, aye-aye terancam kehilangan habitat dan mereka dikategorikan terancam punah. Sehingga, banyak dari hewan ini yang ditemukan di kebun binatang dan fasilitas konservasi.

Sementara, aye-aye yang terekam tengah mengupil itu bernama Kali. Dia tinggal di Duke Lemur Center, North Carolina, Amerika Serikat. Tingkah Kali direkam oleh Dr. Anne-Claire Fabre yang merupakan penulis utama dalam penelitian ini.

Dikutip dari Natural History Museum, CT scan memperlihatkan bahwa jari Kali cukup panjang untuk melewati semua saluran hidung dan berakhir di faring antara mulut bagian belakang dan esofagus. Kendati begitu, tujuan hewan sejenis lemur ini mengupil masih belum jelas.

Hewan Lain Juga Melakukannya

Selain aye-aye, 11 spesies primata non-manusia, termasuk simpanse, makaka, gorilla juga mengupil dari waktu ke waktu. Berdasarkan perbandingan dengan spesies-spesies lain di seluruh dunia, ditunjukkan bahwa hewan yang pandai memanipulasi objek cenderung gemar mengupil, contohnya capuchin.

Salah seorang penulis dalam penelitian tersebut, Roberto Portela Miguez mengatakan, non primata mungkin tidak memiliki ketangkasan yang sama untuk mengupil, jadi mungkin ini adalah fenomena yang terjadi di antara manusia dan spesies yang berkerabat dekat dengan manusia.

Banyak primata juga tercatat menggunakan alat seperti ranting untuk mengupil, sehingga fakta ini bisa menambah kemungkinan akan adanya spesies hewan lain yang melakukannya, tetapi memiliki jari terlalu kecil.



Simak Video "Ratusan Hewan Liar di Kenya Terancam Punah"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia