Daftar Negara Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB, Hak, dan Tugasnya

Daftar Negara Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB, Hak, dan Tugasnya

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 26 Okt 2022 08:00 WIB
Krisis Ukraina: Rusia-AS Saling Tuding di KTT Dewan Keamanan PBB
Ilustrasi negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Foto: DW (News)
Jakarta -

Piagam PBB pasal 24 menyebutkan Dewan Keamanan PBB bertanggung jawab untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional. Dewan tersebut terdiri atas 15 negara.

Kelima belas negara anggota Dewan Keamanan PBB terdiri atas lima negara anggota permanen dan 10 anggota tidak permanen.

Anggota tetap Dewan Keamanan PBB adalah Amerika Serikat, China, Inggris, Prancis, dan Rusia. Dikutip dari Jalan Tengah Demokrasi antara Fundamentalisme dan Sekularisme oleh Tohir Bawazir, kelima negara ini dikenal sebagai The Big Five. Negara-negara ini sering pula disebut P5.

Menurut Oppenheim's International Law: United Nations, keanggotaan tetap di Dewan Keamanan diberikan kepada lima negara tersebut berdasarkan peranan penting mereka setelah Perang Dunia II.

Sementara, 10 negara anggota tidak tetap dipilih berdasarkan Sidang Umum. Mereka dipilih untuk masa bakti selama dua tahun.

Diterangkan juga dalam BBC, sepuluh negara anggota tidak tetap ini dipilih oleh sesama negara anggota PBB di Majelis Umum. Tujuan adanya anggota tidak tetap adalah untuk mencapai keseimbangan regional. Komposisinya terdiri dari lima negara anggota dari Asia atau Afrika, dua dari Amerika Latin, satu dari Eropa Timur, dan dua dari Eropa Barat atau kawasan lainnya.

Hak Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB

Kelima negara anggota tetap di atas mempunyai hak istimewa berupa hak veto dan hak mempunyai senjata nuklir berdasarkan Perjanjian Proliferasi Nuklir.

Hak veto adalah hak untuk menolak atau membatalkan suatu keputusan Dewan Keamanan PBB. Dijelaskan dalam Serba Tahu tentang Dunia karya Suhardi, hak veto menjadi tidak berlaku jika masalah yang disidangkan oleh Dewan Keamanan berkaitan dengan kepentingan anggota Dewan Keamanan sendiri.

Tugas Dewan Keamanan PBB

1. Menyelesaikan perselisihan internasional dengan cara damai.

2. Mengadakan tindakan pencegahan atau paksaan dalam memelihara perdamaian dan keamanan.

3. Memilih hakim-hakim Mahkamah Internasional.

4. Mengawasi wilayah-wilayah sengketa.

Dalam rangka menjalankan tugasnya ini, Dewan Keamanan PBB melaksanakan upaya pemeliharaan perdamaian internasional, menyelidiki persengketaan antarnegara, mengusulkan berbagai cara mengatasi sengketa antarnegara, mengusulkan pemberian sanksi kepada negara yang membahayakan perdamaian internasional.

Tugas-tugas itu dilakukan oleh berbagai badan khusus yang dibentuk Dewan Keamanan, misalnya UNIFIL (pasukan sementara PBB di Lebanon), UNTAC (pasukan sementara di Kamboja), atau UNIMOG (pasukan peninjau militer di Iran-Irak), dan sebagainya.



Simak Video "Dewan Keamanan PBB Kutuk Peluncuran Rudal Balistik Korut!"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia