7 Hewan Ini Berubah Jadi Warna Putih pada Musim Dingin!

7 Hewan Ini Berubah Jadi Warna Putih pada Musim Dingin!

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 05 Okt 2022 17:30 WIB
Rubah Arktik
Rubah Arktik dan beberapa hewan lain bisa berubah menjadi putih saat musim dingin. Foto: (CNN)
Jakarta -

Beberapa hewan di dunia ini ada yang bisa berubah warna sesuai musim. Pada waktu suhu turun dan musim gugur digantikan musim dingin, sejumlah hewan di iklim utara menjadi berwarna putih.

Alasan mengenai hal ini belum sepenuhnya jelas. Namun, ada teori bahwa bulu pucat memiliki sifat isolasi yang lebih baik, sebab zat melanin tidak ada dan meninggalkan ruang udara di batang rambut.

Hewan yang Berubah Jadi Putih di Musim Dingin

1. Hare

Hare memiliki penampakan yang sangat mirip dengan kelinci yang kita temukan pada umumnya, tetapi spesiesnya berbeda. Mengutip dari Britannica, beberapa jenis hare bisa berubah dari yang awalnya berbulu cokelat menjadi keabu-abuan atau putih pada musim dingin.

Perubahan warna itu dianggap setidaknya berkaitan dengan fotoperiode atau jumlah cahaya yang diterima pada siang hari. Saat hari makin pendek, reseptor retina mengirimkan informasi tersebut ke otak, sehingga merangsang pergantian rambut cokelat jadi putih.

2. Beberapa jenis musang

Ada tiga spesies musang yang mengganti bulu cokelat mereka menjadi putih saat musim dingin. Musang yang bisa mengubah warnanya ini juga terbukti bisa berubah warna terlepas dari suhu atau lokasi. Ini menunjukkan mereka juga bergantung dengan fotoperiode.

3. Peary Karibu

Peary Karibu adalah satu-satunya yang berubah menjadi putih ketika musim dingin. Subspesies karibu yang lain tetap berwarna cokelat atau abu-abu sepanjang tahun, walau mungkin agak lebih terang pada musim dingin. Peary Karibu adalah subspesies karibu terkecil dan pernah dianggap spesies terpisah karena perbedaan morfologisnya.

4. Collared Lemmings

Lemming dalam genus Dicrostonyx yang mencakup beberapa spesies,warna cokelat atau abu-abu pada musim yang hangat menjadi putih saat salju turun. Hewan ini juga menghabiskan sebagian besar waktunya melakukan penggalian di bawah salju. Bulu mereka dahulu pernah dipakai masyarakat Eskimo sebagai hiasan pakaian.

5. Ptarmigan

Ptarmigan adalah genus burung yang berkerabat dengan belibis, ayam, dan burung pegar. Ketiga spesies ptarmigan mengubah bulu cokelat menjadi putih saat musim dingin.

Ptarmigan ekor putih menjadi putih seluruhnya, sedangkan ptarmigan willow dan ptarmigan batu mempertahankan beberapa bulu hitam di ekornya.

6. Hamster Siberia

Hamster Siberia atau hamster Dzhungarian (Phodopus sungorus) akan berubah dari warna chincilla yang keperakan menjadi dominan putih apabila berada di ruangan yang mendapat cahaya alami. Namun, suhu diduga tidak mempengaruhi periode meranggas hewan ini.

7. Rubah Arktik

Rubah arktik biasanya berwarna abu-abu kecoklatan pada musim panas dan menjadi putih beku di musim dingin. Meski begitu, populasi mereka di Alaska dan Kanada berwarna abu-abu dan cuma berubah sedikit cerah selama musim dingin. Di antara predator utama rubah Arktik adalah sepupu mereka sendiri, rubah merah.

Itulah beberapa hewan yang bisa mengubah warna bulunya menjadi putih pada musim dingin. Menarik, bukan?



Simak Video "Musim Dingin Dijadikan Senjata Pemusnah Massal, Ukraina Evakuasi Warga "
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia