Bagian-bagian Penting pada Struktur Sel Tumbuhan, Siswa Sudah Tahu?

Bagian-bagian Penting pada Struktur Sel Tumbuhan, Siswa Sudah Tahu?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Senin, 26 Sep 2022 15:15 WIB
Bagian dari sel tumbuhan
Sel tumbuhan. Foto: iStockphoto
Jakarta -

Sel merupakan unit struktural serta fungsional terkecil yang dimiliki makhluk hidup, begitu pun pada tumbuhan. Nah, sel-sel tersebut memiliki bagian penyusun yang dibungkus oleh sebuah dinding.

Pada tumbuhan, selnya memiliki organel yang khas dan berbeda jika dibandingkan dengan sel manusia dan hewan, sebagaimana disebutkan dalam buku Biologi untuk SMA dan MA Kelas XI yang disusun oleh Gunawan Susilowarno, dkk.

Sel tumbuhan juga terdiri dari berbagai jenis yang merupakan hasil penggabungan beberapa proses. Contohnya seperti pembelahan sel, pembesaran sel, hingga diferensiasi sel.

Selain itu, pada tumbuhan dewasa sel-selnya tidak tersusun secara acak, namun akan menyesuaikan diri melalui berbagai cara membentuk sekelompok sel bernama jaringan.

Dalam kaitannya, ada sejumlah bagian penting pada struktur sel tumbuhan. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini.

Bagian-bagian Penting pada Struktur Sel Tumbuhan

1. Membran Plasma

Membran plasma adalah bagian terluar dari sel. Biasanya, membran plasma disebut sebagai selaput sel karena menyelubungi seluruh permukaan sel.

Mengutip dari buku IPA Terpadu untuk Kelas VII, bagian ini diselubungi lagi oleh dinding sel. Keberadaan dinding sel membuat bentuk sel tumbuhan relatif tidak berubah, sehingga jadi tidak fleksibel.

2. Dinding Sel

Pernah merasakan permukaan pada batang tumbuhan? Tekstur batang tumbuhan cenderung lebih keras. Hal itu disebabkan bagian luar sel tumbuhan tersusun dari dinding sel yang sangat keras.

Bahan utama penyusun dinding sel terdiri atas zat kayu, yaitu selulosa yang tersusun dari glukosa. Selain itu, dinding sel juga mengandung zat lain seperti pektin, hemiselulosa, dan glikoprotein.

3. Inti Sel

Inti sel jadi salah satu struktur tumbuhan yang penting, sebab bagian ini menjadi pusat kendali seluruh kegiatan sel serta penentu penurunan sifat dari induk kepada keturunannya.

Biasanya, inti sel juga disebut sebagai nukleus. Bentuknya bulat atau oval, mirip dengan telur.

4. Ribosom

Bagian penting selanjutnya pada sel tumbuhan adalah Ribosom. Fungsi dari Ribosom yaitu untuk melangsungkan sintesis protein dan umumnya tersebar di dalam sitoplasma.

5. Mitokondria

Mitokondria adalah struktur sel yang digunakan sebagai tempat perombakan atau katabolisme untuk menghasilkan energi untuk bertahan hidup. Biasanya, proses ini disebut sebagai tempat respirasi.

Masih ada beberapa bagian pada sel tumbuhan yang penting untuk diketahui. Pembahasan lengkapnya bisa kamu baca DI SINI.



Simak Video "Ingin Jalani Pembekuan Sel Telur? Ini Syarat yang Harus Diperhatikan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia