5 Manfaat Melamun Menurut Studi, Kamu Pernah Merasakan?

5 Manfaat Melamun Menurut Studi, Kamu Pernah Merasakan?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 06 Sep 2022 14:45 WIB
Close up portrait of a young african american woman looking out window when working on laptop
Foto: iStockphoto/m-imagephotography/Ilustrasi Melamun
Jakarta -

Pernahkah detikers tiba-tiba melamun tanpa sadar di tengah hari atau di tengah kesibukan? ternyata studi mengungkap bahwa melamun memiliki manfaat positif, lo.

Dalam laman Walden University, Minnesota, Amerika Serikat dijelaskan bahwa melamun sering berpusat bayangan tentang masa depan, yang cenderung menjadi lebih rutin dan pasti seiring bertambahnya usia.

Studi menunjukkan bahwa melamun bisa dimanfaatkan untuk menginformasikan pengambilan keputusan, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan kebahagiaan pada usia berapapun.


5 Manfaat Melamun:


1. Dapat mengurangi stres dan kecemasan

Mengutip Very Well Mind, melamun dapat membantu seseorang mengabaikan dunia 'luar' yang bising dan membiarkan pikiran mengalir dengan bebas.

Hal ini bisa mendorong relaksasi mental dan eksplorasi. Ketika pikiran mengalir seperti ini, kita berada dalam apa yang disebut keadaan gelombang alfa.

Ketika kita berada di zona alfa, kita tenang dan tidak memikirkan apapun dengan kekuatan yang dipaksakan. Sehingga bisa membantu pikiran mengurangi stres dan kecemasan.


2. Membantu pemecahan masalah

Sebagian besar seseorang akan mendapatkan keuntungan dari melamun karena bisa melihat perspektif baru.

Selain memiliki perspektif yang segar, melamun tampaknya bekerja lebih baik daripada mencoba memaksakan solusi.

Dalam satu studi yang melacak pola pemikiran internal yang berbeda, para peneliti menyimpulkan bahwa pengembaraan pikiran itu penting dan baik bagi manusia. Hal ini karena proses kognitif akan mengarah pada ide-ide baru.


3. Membantu untuk menetapkan dan mencapai tujuan

Penelitian baru mengungkapkan bahwa pikiran yang mudah terganggu bisa dimotivasi oleh tujuan kita.

Sebagai contoh atlet dan pemain terkadang menggunakan lamunan yang disengaja untuk berlatih sebelum pertandingan atau pertunjukan dan menghilangkan gangguan pikiran di luar pertandingan.

Metode ini mempersiapkan otak mereka untuk fokus dan mencapai keberhasilan. Ini seperti berlatih secara mental daripada fisik untuk hasil yang diinginkan. Imajinasi atau lamunan terstruktur semacam ini telah populer di bidang psikologi olahraga.


4. Memaksimalkan kinerja bagian otak

Bagi beberapa orang, melamun ternyata lebih dari sekadar hiburan yang sederhana atau pengalihan. Saat pikiran mengembara, seseorang telah menggunakan berbagai aspek otaknya.

Baik jaringan pemecahan masalah eksekutif maupun jaringan kreativitas di otak yang bekerja secara bersamaan.

Saat seseorang mengaktifkan area otak yang berbeda dengan melamun, maka dia telah mengakses informasi yang sebelumnya mungkin tidak dapat dijangkau atau tidak aktif.


5. Meningkatkan Kreativitas

Penelitian telah membuktikan bahwa melamun memiliki hubungan dengan tingkat kreativitas yang lebih tinggi.

Dalam satu studi di mana mahasiswa memiliki waktu 2 menit untuk menemukan sebanyak mungkin kegunaan untuk hal-hal sehari-hari (seperti tusuk gigi dan batu bata) membuktikan hal ini.

Mereka yang melamun lebih dulu, daripada terus fokus pada masalah, lebih baik dalam menghasilkan lebih banyak ide kreatif. Tidak dengan selisih yang kecil juga. Mereka 41% lebih produktif dan kreatif.

Jadi, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melamun. Meski bermanfaat, namun detikers tidak boleh melakukannya secara berlebihan karena jika melamun secara larut justru bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.



Simak Video "Minta Tak Diskriminasi, BPJS Kesehatan Beberkan Inovasi Pelayanan Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia