Al Ahzab Ayat 42: Bacaan Arab, Latin, dan Tafsirnya

Kristina - detikEdu
Senin, 15 Agu 2022 11:15 WIB
Al-quran
Ilustrasi Al-Qur'an surah Al Ahzab ayat 42. Foto: Getty Images/iStockphoto/Husam Cakaloglu
Jakarta -

Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk berzikir sebanyak-banyaknya, termasuk di waktu pagi dan petang. Hal ini termaktub dalam surah Al Ahzab ayat 42.

Dia berfirman:

وَّسَبِّحُوْهُ بُكْرَةً وَّاَصِيْلًا ٤٢

Wa sabbiḥụhu bukrataw wa aṣīlā

Artinya: "dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang." (QS Al Ahzab: 42)

Menurut Tafsir Tahlili Kementerian Agama RI, pada ayat tersebut Allah SWT menganjurkan kepada semua orang beriman supaya banyak zikir mengingat Allah dengan menyebut nama-Nya sebanyak-banyaknya dalam setiap keadaan dan setiap waktu.

Perintah zikir ini telah lebih dulu disebutkan pada ayat sebelumnya. Dia berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًاۙ ٤١

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah dengan zikir sebanyak-banyaknya." (QS Al Ahzab: 41)

Adapun, maksud bertasbih sebagaimana disebutkan dalam surah Al Ahzab ayat 42 adalah membersihkan dan menyucikan Allah dari segala sesuatu yang tidak pantas bagi-Nya.

Lebih lanjut Kemenag menafsirkan, berzikir dan bertasbih ini dilakukan di pagi hari ketika baru bangun dari tidur. Sebab, pada waktu tersebut seolah manusia sedang hidup kembali setelah mati untuk menghadapi hidup yang baru.

Waktu selanjutnya adalah pada sore hari. Sebab, pada waktu itu seseorang telah selesai mengerjakan bermacam-macam pekerjaan sepanjang hari.

Zikir pada kedua waktu tersebut merupakan tanda syukur kepada Allah SWT atas limpahan taufik dan hidayah-Nya sehingga dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik, dan dapat memperoleh rezeki untuk keperluan hidupnya dan nafkah bagi keluarganya. Begitu penjelasan tafsir selengkapnya.

Dalam Tafsir Al-Jalalain disebutkan, makna بُكْرَةً adalah awal permulaan siang, sedangkan kata اَصِيْلً adalah akhir siang. Sementara itu, menurut Al-Jauhari, seorang ahli bahasa Arab, sebagaimana dikutip dari buku Zikir Subuh, Magrib, dan Setelah Salat 5 Waktu oleh Thoriq Aziz Jayana, mengartikan kata اَصِيْلً sebagai waktu antara Ashar hingga Maghrib.

Selain dalam surah Al Ahzab ayat 42, perintah zikir juga disebutkan dalam sejumlah ayat dalam Al-Qur'an. Di antaranya dalam surah Ar Rum ayat 17-18.

فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ ١٧ وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَعَشِيًّا وَّحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ ١٨

Artinya: "Bertasbihlah kepada Allah ketika kamu berada pada waktu senja dan waktu pagi. Segala puji hanya bagi-Nya di langit dan di bumi, pada waktu petang dan pada saat kamu berada pada waktu siang."

Kemudian dalam surah Al Mu'min ayat 55.

فَاصْبِرْ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّاسْتَغْفِرْ لِذَنْۢبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْاِبْكَارِ ٥٥

Artinya: "Bersabarlah, sesungguhnya janji Allah itu benar, mohonlah ampun untuk dosamu, dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi!"



Simak Video "Innalillahi, Ustazah di Tebet Meninggal Saat Baca Al-Quran"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia