Surah 13 Ayat 28 dalam Al Quran: Banyak Zikir, Hidup Tenang

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 30 Des 2021 20:30 WIB
Reading Al Quran in the mosque
Ilustrasi Al Quran yang mengandung surah Ar Ra'd (13) ayat 28. (Foto: iStock)
Jakarta -

Ar Ra'd, surah 13 ayat 28 dalam Al Quran menjelaskan berzikir dengan mengingat nama agung Allah atau Asmaul Husna akan membuat hati menjadi tenang.

Selain itu, kandungan utama yang dibawa dalam surat dengan total 43 ayat ini, membahas tentang masalah tauhid, ma'ad, wahyu, dan ajakan kepada manusia untuk berpikir tentang kondisi dan nasib yang menimpa umat-umat terdahulu. Sekaligus peristiwa-peristiwa yang berlaku di alam semesta.

Dari Abu Asy Syaikh dalam buku Al-Itqan fi Ulumil Qur'an: Samudra Ilmu-Ilmu al-Qur'an karya Imam Jaluddin al-Suyuthi, mengeluarkan riwayat dari Qatadah yang menyebutkan bahwa surah ini turun di kota Madinah dan tergolong dalam surah Madaniyah kecuali satu ayatnya.

"Surat Ar Ra'd itu Madaniyah, kecuali satu ayat, yaitu firman Allah SWT ayat ke 31," tulis buku tersebut.

Adapun bacaan surat Ar Ra'd ayat 28 yang menyinggung soal keutaman berzikir, dapat disimak selengkapnya pada pemaparan berikut,

Surah 13 ayat 28 Arab, latin, dan artinya

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوب

Bacaan latin: Allażīna āmanụ wa taṭma`innu qulụbuhum biżikrillāh, alā biżikrillāhi taṭma`innul-qulụb

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."

Melansir dari tafisr Al Quran Kemenag, surat ini menjelaskan tentang keutamaan berzikir dengan mengingat nama Allah SWT. Melalui zikir, mereka akan menjalani kehidupan sehari-hari dengan hati yang tentram dan jiwa yang tenang.

Keadaan tersebut dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal baik dan merasa bahagia dengan segala kebajikan yang dilakukannya.

"Dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram dan jiwa menjadi tenang, tidak merasa gelisah, takut, ataupun khawatir," tulis Kemenag.

Senada dengan itu, tafsir dari Ibnu Katsir menyebutkan kalimat 'hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram' dalam surah13 ayat 28 juga dapat bermakna Allah SWT adalah Dzat yang wajib diingat hambaNya.

Sebab itulah, melalui surat ini, Allah SWT secara tersirat menganjurkan umatnya untuk berzikir. Pasalnya, secara istilah zikir memiliki arti menyebut dan mengucapkan nama Allah SWT (asmaul husna) atau menjagaNya dalam ingatan (mengingat).

Keutamaan zikir lainnya juga pernah disebutkan Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya. Beliau bersabda,

"Sungguh, aku duduk bersama beberapa orang yang berdzikir kepada Allah SWT setelah salat Subuh hingga matahari terbit lebih aku sukai daripada memerdekakan empat keturunan Nabi Ismail. Sungguh, aku duduk bersama beberapa orang yang berzikir kepada Allah Ta'ala setelah salat Ashar hingga terbenamnya matahari lebih aku sukai daripada memerdekakan empat orang." (HR Abu Dawud dan dihasankan oleh Syekh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud 2/698).

Setelah memahami makna dari surah 13 ayat 28, yuk kita sama-sama mulai rutinkan bacaan zikir kepada Allah SWT, detikers!



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia