Manfaat Fastabiqul Khairat dalam Kehidupan Sehari-hari

Kristina - detikEdu
Senin, 08 Agu 2022 15:07 WIB
sedekah
Ilustrasi sedekah, salah satu perilaku fastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan. Foto: shutterstock
Jakarta -

Fastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan adalah hal yang dianjurkan dalam Islam. Perilaku ini memiliki sejumlah manfaat baik di dunia maupun di akhirat.

Allah SWT berfirman:

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ١٤٨

Artinya: "Bagi setiap umat ada kiblat yang dia menghadap ke arahnya. Maka, berlomba-lombalah kamu dalam berbagai kebajikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS Al Baqarah: 148).

Fastabiqul khairat juga disebut dalam sejumlah firman-Nya yang lain. Salah satunya salam surah Al Hadid ayat 21.

سَابِقُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِۙ اُعِدَّتْ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖۗ ذٰلِكَ فَضْلُ اللّٰهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚوَاللّٰهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ - ٢١

Artinya: "Berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah mempunyai karunia yang besar."

Setiap orang memiliki kesempatan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan beramal saleh. Rasulullah SAW juga memerintahkan umatnya untuk melakukannya dengan segera. Beliau bersabda, "Bersegeralah melakukan amal saleh sebelum datangnya fitnah." (HR Muslim).

Perbuatan semasa di dunia ini juga akan menjadi pertanggungjawaban kelak di akhirat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut,

"Tidaklah bergeser telapak kaki bani Adam pada hari kiamat dari sisi Rabb-nya hingga ditanya tentang lima perkara; umurnya untuk apa ia gunakan, masa mudanya untuk apa ia habiskan, hartanya dari mana ia dapatkan dan untuk apa ia belanjakan, dan apa yang ia perbuat dengan ilmu-ilmu yang telah ia ketahui." (HR At Tirmidzi dan dishahihkan oleh Asy Syaikh Al Albani dalam Ash Shahihah).

Manfaat Fastabiqul Khairat atau Berlomba-lomba dalam Kebaikan

H. Aminudin dan Harjan Syuhada menjelaskan dalam buku Akidah Akhlak, manfaat dari fastabiqul khairat adalah waktu yang kita miliki tidak akan terbuang sia-sia. Selain itu, energi akan tersalurkan untuk hal-hal yang meningkatkan mutu diri.

Manfaat fastabiqul khairat dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah akan selamat dari godaan setan yang dapat merugikan manusia baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Contoh Perilaku Fastabiqul Khairat dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengutip buku Al-Qur'an Hadits Madrasah Aliyah Kelas XI oleh H. Aminudin dan Harjan Syuhada, berikut contoh perilaku fastabiqul khairat dalam kehidupan sehari-hari:

  • Melakukan kebaikan sebanyak dan sebisa mungkin.
  • Bersegera beramal saleh dengan ikhlas.
  • Bersaing secara sehat dalam melakukan hal-hal yang positif.
  • Yakin bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pahala pada setiap perbuatan baik yang dilakukan.
  • Berteman dan berkumpul dengan orang-orang saleh dan ahli ilmu agama (ulama).
  • Selalu berzikir kepada Allah SWT dan istikamah dalam beramal saleh.

Muhammad Safrodin mengatakan dalam buku Sunah-sunah Kecil Berpahala Besar, fastabiqul khairat termasuk satu dari tiga golongan orang yang beriman.



Simak Video "Tak Berputus Asa, di Usia Tua Mbah Pasiah Jual Sayur Demi Nafkahi Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia