5 Fakta dan Mitos Danau Tolire yang Dihuni Buaya Putih, Benarkah?

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 05 Agu 2022 13:45 WIB
Danau di Maluku Utara
Ilustrasi pemandangan danau Tolire Foto: (mrs.kingdom17/d'Traveler)
Jakarta -

Danau Tolire berlokasi di Maluku Utara, tepatnya di Ternate. Danau ini termasuk dalam kekayaan alam yang menjadi kebanggaan masyarakat Ternate. Danau Tolire menawarkan pemandangan yang cantik dan masih alami.

Keelokan pemandangan di danau Tolire ini menjadikan kawasan ini sebagai salah satu destinasi wisata bagi warga lokal maupun yang berasal dari luar kota. Untuk bisa mencapai danau Tolire, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 10 kilometer dari pusat Kota Ternate.

Danau Tolire terbagi menjadi dua yakni Tolire besar dan Tolire kecil. Selain dikenal karena pesona alamnya, Danau Tolire juga kental dengan isu mistis dan cerita legenda dari masyarakat sekitar.

Fakta dan Mitos Danau Tolire

1. Lokasi Danau Tolire

Dikutip dari buku Jelajah Wisata Nusantara oleh Tri Maya Yulianingsih, Danau Tolire besar yang berada di bawah kaki Gunung Gamalama ini memiliki bentuk unik menyerupai loyang raksasa. Jarak antara Danau Tolire besar dan kecil hanya sekitar 200 meter namun yang menjadi tujuan banyak orang adalah danau Tolire besar.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Gamalama menjadikan pemandangan danau ini menakjubkan. Danau Tolire yang berjarak 10 km dari pusat Kota Ternate ini terletak di Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

2. Luas dan kedalaman Danau Tolire

Danau Tolire memiliki luas sekitar 5 hektare dan perkiraan kedalaman 50 meter. Namun hingga saat ini belum ada yang bisa mengukur kedalaman pasti dari Danau Tolire.

Menurut Barry Kusuma dalam buku Top 15 Travel Destinations in Indonesia, air tawar di Danau Tolire Besar merupakan habitat berbagai macam ikan. Salah satu jenis ikan yang diketahui hidup di danau ini adalah ikan nila.

Meskipun demikian, warga sekitar tidak ada yang berani menangkap ataupun mencari ikan di danau ini. Bahkan untuk sekedar mandi dan mendekati bibir danau Tolire saja dianggap hal yang tabu. Alhasil danau Tolire yang memiliki air berwarna hijau kekuningan ini masih sangat alami.

3. Legenda buaya putih di Danau Tolire

Masyarakat sekitar danau Tolire meyakini bahwa danau ini dihuni banyak buaya siluman. Menurut cerita masyarakat setempat, jauh sebelum terbentuk danau, kawasan ini adalah sebuah kampung yang masyarakatnya hidup sejahtera.

Kampung ini kemudian mendapat kutukan dan tenggelam setelah seorang ayah di kampung tersebut kedapatan menghamili anak gadisnya sendiri. Saat warga mengusir ayah dan anak ini dari kampungnya, terjadilah gempa besar yang membuat permukaan tanah amblas dan dipenuhi air.

Masyarakat percaya, bahwa orang-orang di kampung tersebut dikutuk menjadi buaya. Buaya inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai penghuni Danau Tolire. Terlepas dari legenda tersebut, di Danau Tolire memang terdapat buaya yang hidup di dalamnya.

4. Tempat harta karun Kerajaan Ternate

Mitos selanjutnya terkait danau Tolire yakni bagian dasar danau ini dipercaya sebagai tempat harta karun milik Kerajaan Ternate. Harta karun ini milik masyarakat Kesultanan Ternate saat Portugis menjajah Ternate abad ke-15 yang sengaja dibuang ke danau agar tidak dirampas tentara Portugis.

Sejauh ini belum ada instansi atau pihak tertentu yang melakukan penyelidikan secara khusus atas kebenaran harta karun ini. Dibutuhkan teknik dan alat khusus untuk mendeteksi keberadaan harta karun ini.

5. Danau Tolire tak pernah bisa dilempar batu

Meskipun tidak bisa mandi dan memancing di danau Tolire, masyarakat tetap banyak yang berkunjung ke danau ini. Salah satunya yakni melakukan aksi lempar batu ke tengah danau.

Pengunjung yang melempar batu atau benda lainnya ke danau, bagaimana pun kuatnya melempar, tidak akan pernah menyentuh permukaan air danau. Bagi pengunjung yang tidak percaya, dapat mencoba sendiri. Di sekitar danau terdapat beberapa penjual batu yang memang menyediakan untuk pengunjung.

Masyarakat setempat percaya bahwa batu yang dilempar tidak menyentuh permukaan air karena tertahan oleh kekuatan gaib dari dasar danau. Menurut penduduk setempat kekuatan gaib diyakini datang dari buaya siluman yang ada di dalam danau.

Demikian fakta dan mitos seputar danau Tolire di Ternate. Terlepas dari legenda danau ini, kita sebagai warga Indonesia patut bangga karena memiliki kekayaan alam yang luar biasa dalam bentuk danau.



Simak Video "Jokowi Dapat Gelar Adat Dari Kesultanan Ternate"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia