Aplikasi Muslim Berbasis Acuan Ibadah, Ustaz: Hati-hati Notifikasi Azan Bunyi di WC

Rahma Harbani - detikEdu
Sabtu, 30 Jul 2022 13:15 WIB
Ustaz Zainal Abidin
Ustaz Zainal Abidin saat menghadiri kegiatan The Exclusive Launch of QalbyApp ID di Taman Menteng, Jakarta. (Rahma Indina Harbani/detikcom)
Jakarta -

Aplikasi berbasis muslim kerap menawarkan sejumlah fitur yang dapat digunakan sebagai alat bantu beribadah. Untuk itu, Ustaz Zainal Abidin mengingatkan perkara penting yang perlu diperhatikan pihak aplikasi.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan peluncuran aplikasi muslim asal Malaysia QalbyApp dengan tajuk The Exclusive Launch of QalbyApp ID di Taman Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (29/7/2022).

Menurut Ustaz Zainal Abidin, perkara yang perlu diperhatikan dalam aplikasi berbasis muslim adalah aturan notifikasi azan berbentuk suara yang berbunyi saat di toilet.

"Hati-hati (notifikasi suara) azan berbunyi saat di toilet," kata Ustaz Zainal Abidin.

Pasalnya, kata Ustaz Zainal Abidin, kemudahan teknologi dalam genggaman dapat membuat muslim lupa. Seperti kemungkinan yang dapat terjadi, muslim membawa ponsel yang berisi aplikasi Islami dengan bacaan suci ayat Al-Qur'an atau azan di dalamnya ke tempat yang tidak seharusnya, seperti toilet.

"Karena ada bacaan Al-Qur'an yang bisa muncul saat orang sedang buang hajat," tutur dia.

Untuk itu, Ustaz Zainal Abidin menyarankan, perlu adanya notifikasi pengingat dari aplikasi saat pengguna berada di toilet.

Ustaz Zainal Abidin juga menambahkan soal pengaturan azan dalam aplikasi. Khususnya, azan digunakan oleh pengguna sebagai acuan untuk berbuka.

"Azan di aplikasi dibuat cara tersendiri (agar tidak keliru) dengan (waktu) azan aslinya," jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan peluncuran aplikasi muslim QalbyApp, CEO dan Founder QalbyApp Shazrina Azman, mengatakan basis utama dalam pembuat aplikasi miliknya sudah mengacu pada Al-Qur'an dan sunnah. Sebab, fungsi pendidikan Islam adalah tujuan utama dibuatnya aplikasi tersebut.

"Fokus kamu nomor satu pada pendidikan dengan sumber otentik dari Al-Qur'an dan sunnah. Segala sesuatunya didesain dengan hati (kalbu)," terangnya.

Hal itu sejalan dengan penamaan aplikasi yang diambil dari bahasa Arab yakni qalbu atau hati. "Hati bukan sekadar organ tubuh. Dari hati di sana ada iman, takwa, dan niat," imbuhnya.

Selebriti Laudya Chyntia Bella juga menghadiri perilisan aplikasi tersebut sebagai Brand Ambassador-nya. Ia berharap seluruh muslim, termasuk dirinya, selalu diberikan ikhtiar dan hidayah oleh Allah SWT untuk mendalami Islam lewat QalbyApp.

"Semoga saya dan kita semua bisa sama-sama belajar ikhtiar. Semoga Allah SWT memberi taufik dan hidayahnya untuk semua yang ingin belajar lewat QalbyApp," kata dia.

"Semoga Allah SWT ridho sama amal ibadah kita lewat QalbyApp," tandasnya.



Simak Video "Asa Menjadi Penghapal Al-Qur'an"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia