Arti Warna Merah Putih pada Seragam SD, Begini Sejarahnya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 21 Jul 2022 14:00 WIB
Ratusan siswa SD mengikuti upacara di Hari pertama sekolah di SDN 01 Rawa Badak Utara, Jakarta Utara. Mereka memakai seragam Merah Putih.
Sejumlah siswa mengenakan seragam SD. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Seragam sekolah di Indonesia memiliki ciri khas warna tersendiri di setiap tingkatannya. Salah satunya seragam SD yang berwarna merah putih. Pemilihan warna memiliki arti tersendiri dari pencetusnya.

Sebelum menelaah lebih jauh terkait arti warna putih merah dalam seragam SD, ada baiknya kita mengetahui sejarah penggunaan seragam di Indonesia.

Sejarah Kebijakan Penggunaan Seragam Sekolah di Indonesia

Dikutip dari buku Sejarah SMA/MA Kelas XII IPA karya A. Ferry T. Indratno dkk, penggunaan seragam sekolah di Indonesia pertama kali diterapkan pada masa kepresidenan Soeharto atau era Orde Baru.

Pada saat itu, semangat dan jiwa nasionalisme bangsa masih terasa sangat tinggi. Alasan pemberlakuan seragam pada siswa sekolah sendiri untuk menghindari terjadinya persaingan tidak sehat selama peserta didik ada di sekolah.

Dalam buku Pendidikan yang Memiskinkan yang disusun oleh Darmaningtyas, ketentuan seragam secara nasional baru diberlakukan sejak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef pada tahun 1987-1983. Kebijakan tersebut berisi ketentuan warna seragam merah putih untuk SD, biru putih untuk SMP, dan abu-abu putih untuk SMA.

Dahulu, seragam sekolah sempat warna-warni. Bahkan di salah satu SMA Yogyakarta malah tidak mengenal seragam sekolah, murid bebas pergi ke sekolah dengan pakaian yang mereka miliki. Namun, semenjak kebijakan seragam sekolah diterapkan secara ketat, tidak ada satu sekolah pun di Indonesia yang tidak berseragam.

Arti Warna Putih Merah pada Seragam SD

Warna merah putih pada seragam SD memiliki arti tersendiri. Pencetusnya yaitu Idik Sulaeman, seorang Direktur Pembinaan Kesiswaan di Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah dengan masa periode 1979-1983.

Makna dari warna merah putih pada pasangan seragam SD melambangkan energi dan keberanian bagi siswa untuk belajar.

Tujuan Penetapan Seragam Sekolah di Indonesia

Penetapan kebijakan seragam sekolah di Indonesia memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Menciptakan persamaan berdasarkan asa persatuan Indonesia. Pakaian seragam memperkecil dan menghilangkan perbedaan berdasarkan suku, agama, ras, dan golongan.
  • Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar siswa.
  • Menumbuhkan rasa kebersamaan dan persaudaraan antar siswa.
  • Membina disiplin dan ketertiban kelompok atau sekolah.
  • Pakaian seragam sekolah mampu menampilkan budaya bangsa yang sopan dilihat dari sudut nilai agama.

Nah, itulah arti warna merah putih dari seragam SD beserta sejarah singkatnya. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "SMAN 1 Banguntapan Terbukti Langgar Aturan Berseragam"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia