Makna Pancasila sebagai Pandangan Hidup dalam Sila 1 sampai 5, Pelajari Yuk!

Makna Pancasila sebagai Pandangan Hidup dalam Sila 1 sampai 5, Pelajari Yuk!

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 19 Jul 2022 15:30 WIB
Hari Lahir Pancasila
Ilustrasi makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Foto: BPIP
Jakarta -

Pancasila memiliki beberapa fungsi. Salah satunya sebagaimana dikutip dari buku Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara yang ditulis oleh Ronto, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa atau way of life.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa artinya adalah seluruh aktivitas kehidupan bangsa Indonesia dalam kesehariannya harus selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Keselarasan dengan nilai-nilai Pancasila ini dapat dimulai dari hal sederhana, seperti hidup rukun di lingkungan keluarga, sekitar rumah, sekolah, sampai ke lingkup yang lebih luas seperti antarsuku, pulau, bahkan negara.

Di sisi lain, setiap aktivitas juga perlu disesuaikan karena Pancasila diciptakan menurut nilai-nilai yang sudah ada dalam diri bangsa Indonesia. NIlai-nilai ini adalah nilai ketuhanan-keagamaan, kemanusiaan, kerakyatan-demokrasi, serta keadilan sosial.

Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa dalam Sila 1-5

Mengutip dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dalam sila 1 sampai 5 adalah:

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Fungsi Pancasila dalam sila pertama adalah memberi pandangan bahwa sebagai warga negara terdapat nilai untuk mempercayai dan bertakwa kepada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Fungsi tersebut menyampaikan pengertian juga bahwa antarumat beragama di Indonesia harus saling menghormati supaya tercipta kerukunan dan kedamaian.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam sila kedua bermakna, warga negara diminta memahami bahwa setiap manusia mempunyai derajat yang sama, maka perlu bersimpati kepada satu sama lain.

Cara bersimpati ini bisa dengan menjaga dan membantu sesama, membela kebenaran dan keadilan, serta bekerja sama demi kedamaian negara.

3. Persatuan Indonesia

Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak suku, budaya, dan pulau. Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam sila ketiga adalah memberi pandangan bahwa yang harus diutamakan adalah persatuan, kesatuan, dan kepentingan negara di atas kepentingan individu.

Setiap warga negara juga wajib mempunyai kepribadian yang rela berkorban demi bangsa Indonesia, mencintai bangsa Indonesia dan tanah air, juga bangga dengan negara Indonesia.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Pancasila sebagai pandangan hidup dalam sila keempat adalah ajakan kepada setiap warga negara untuk tidak memaksakan kehendak kepada orang lain dan mendahulukan kepentingan negara. Sila keempat ini menegaskan pentingnya musyawarah, walaupun ada perbedaan pendapat dan cara pandang.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Cerminan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dalam sila kelima adalah mengembangkan perbuatan luhur dengan cara kekeluargaan dan gotong royong. Selain itu, setiap warga negara juga wajib selalu bersikap adil serta memahami hak dan kewajiban agar dapat menghormati hak-hak orang lain sesama bangsa Indonesia.

Itulah pengertian fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia di sila pertama sampai kelima. Pahami dan terapkan ya, detikers!



Simak Video "Riuh Klakson Saat Penutupan Jalan di Depan Monumen Pancasila Sakti"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia