Tips Kelola Kadar Kolesterol Usai Idul Adha dari Ahli Gizi Unair

A - detikEdu
Minggu, 10 Jul 2022 14:00 WIB
Resep Semur Daging ala Spanyol
Tips kelola kolesterol usai Idul Adha. Foto: iStock
Jakarta -

Ketika perayaan Idul Adha, umat Islam umumnya menyantap berbagai olahan daging kurban. Tetapi, satu hal yang harus diperhatikan, mengkonsumsi daging secara berlebihan akan berakibat pada tingginya kadar kolesterol.

Ahli gizi Universitas Airlangga (Unair), Lailatul Muniroh SKM, M.Kes mengungkapkan, konsumsi daging berlemak secara berlebihan berpotensi meningkatkan kolesterol darah.

"Perlu dilakukan langkah preventif dan beberapa hal agar dapat menurunkan kolesterol setelah Idul Adha," tuturnya, dikutip dari laman resmi kampus Unair, Sabtu (9/7/2022).

Lebih lanjut, Lailatul membagikan 3 tips untuk mengelola kadar kolesterol tinggi saat Idul Adha. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Mengelola Kadar Kolesterol

1. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah Tinggi Serat

Langkah preventif pertama untuk mengelola kadar kolesterol yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah yang memiliki serat tinggi. Contohnya seperti pisang, apel, jeruk, wortel, dan brokoli.

"Serat dapat melarutkan kolesterol jahat," paparnya.

Setelah Idul Adha, Lailatul juga menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Selain itu, konsumsi sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Kurangi Makanan Tinggi Lemak

Menghindari makanan tinggi lemak juga menjadi langkah preventif cegah kolesterol tinggi. Pilihlah makanan dengan lemak rendah seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, tahu tempe, dan lain sebagainya.

"Kurangi juga mengolah makanan dengan menggoreng menggunakan minyak goreng," tuturnya.

Usai perayaan Idul Adha, Lailatul menyarankan untuk kurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan membatasi makanan cepat saji. Minyak sehat seperti minyak zaitun dapat menjadi pengganti minyak goreng.

3. Sarapan Oatmeal dan Rutin Olahraga

Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk cegah kolesterol tinggi yaitu dengan mengkonsumsi oatmeal. Oatmeal kaya akan nutrisi dan sumber serat larut yang akan menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, oatmeal juga menurunkan resiko penyakit jantung. Jangan lupa rutin berolahraga juga untuk basmi kolesterol jahat.



Simak Video "Halo Pak Mendag! Ombudsman Ungkap HET Minyak Goreng Tak Tercapai"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia