ADVERTISEMENT

Kaos Kaki, Kulkas hingga Cat Tembok Punya Sertifikat Halal, Sudah Tahu Belum?

Devi Setya - detikEdu
Selasa, 05 Jul 2022 17:00 WIB
Label Halal Indonesia
Logo Halal MUI yang digunakan untuk produk tersertifikasi halal Foto: BPJPH
Jakarta -

Banyak orang beranggapan bahwa status halal hanya penting bagi makanan dan minuman. Padahal semua produk yang digunakan sehari-hari bisa mendapat sertifikat halal.

Hal ini diungkapkan Ketua Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Muhammad Aqil Irham. Ketika berkunjung ke kantor redaksi detikcom (30/6/2022) Aqil menegaskan, semua produk gunaan bisa didaftarkan untuk mendapatkan sertifikat halal.

Saat ini BPJPH membuka pendaftaran sertifikasi produk halal melalui sistem online. Para pelaku usaha bisa mengajukan audit untuk mendapatkan label halal. Diungkapkan Aqil, dari ratusan ribu pendaftar setiap tahunnya, ada saja yang memiliki produk unik.

"Halal itu tidak semata-mata isu agama saja, tetapi juga terkait dengan persaingan pasar. Perlu saya sampaikan sertifikat halal ini juga jadi nilai tambah, dan meningkatkan daya saing. Juga bisa memperkuat segmen pasar karena muslim termasuk konsumennya besar," ujar Aqil.

Kepada detikEdu, Aqil juga menyebutkan beberapa produk harian yang sudah mendapat sertifikat halal. Di antaranya ada sepatu, kaos kaki dan kain tenun.

"Pada acara Indonesia Fashion Week 2022 di Hotel Sultan, ada desainer Poppy Dharsono yang menunjukkan kain yang sudah halal. Artinya baju Ibu-ibu, Bapak-bapak yang dibuat pakai kain itu sudah jadi baju tenun halal," ujar Aqil.

Berikut beberapa barang sehari-hari yang sudah mendapat sertifikat halal:

1. Kain Tenun Halal

Dilansir dari situs resmi LPPOM MUI (5/7/2022) Pemerintah telah mencanangkan Indonesia sebagai Kiblat Fesyen Muslim Dunia. Kini, sudah saatnya produk fesyen masuk dalam lima sektor Industri Halal Global. Langkah cepat diambil oleh PT MilangKori Persada. Pemilik brand KainHalal ini telah berhasil mengantongi Ketetapan Halal LPPOM MUI No.: 00170142790322 pada Kategori Barang Gunaan Produk Sandang sejak 9 Maret 2022.

Dr. Ir. Muslich, M.Si, Halal Partnership & Audit Services Director of LPPOM MUI menyampaikan bahwa sertifikasi halal kain merupakan kewajiban dari implementasi regulasi Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Kain termasuk kategori produk yang wajib disertifikasi halal.

Tentu saja proses pemeriksaan kain ini tidak sama dengan pemeriksaan produk makanan. "Dalam konteks barang gunaan, titik paling kritisnya adalah material yang harus suci. Berbeda dengan halal pada makanan, yang menjadi perhatian khusus dalam pemeriksaan audit halal kain adalah kesucian bahan. Sehingga, jika digunakan saat beribadah, maka ibadahnya akan sah," terang Muslich.

2. Kaos Kaki Halal

PT Soka Cipta Niaga menjadi produsen kaos kaki halal yang sudah mengantongi sertifikat halal sejak 2015. Kaos kaki merek Soka ini sudah diproduksi sejak 2011 dan berhasil mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak 2015.

Tujuan dari sertifikat halal untuk produk kaos kaki ini tak lain adalah untuk membuat konsumen merasa nyaman. Kaos kaki ini awalnya ditujukan untuk kaum muslimah. Kini bukan hanya dipasarkan di Indonesia saja, kaos kaki halal merek Soka ini sudah diekspor ke berbagai negara seperti Malaysia, Filipina, Thailand hingga Australia.

3. Cat Tembok Halal

Cat tembok juga menjadi produk yang telah mendapatkan sertifikat halal. PT Rajawali Hiyoto adalah produsen cat tembok merek Maritex asal Bandung yang sudah mengantongi sertifikat halal.

Dilansir dari Halal.MUI (5/7/2022) Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim menyebut status halal untuk cat tembok ini terbilang penting karena bersentuhan langsung dengan ibadah. "Kalau masjid di cat pake bahan mengandung najis, ibadahnya bagaimana," kata Lukman.

Itu tadi hanya sebagian kecil dari produk yang sudah mendapatkan sertifikat halal. Di pasaran masih banyak lagi produk lainnya yang juga telah mengantongi sertifikat halal, seperti lemari es, detergen, hijab hingga produk sampo.



Simak Video "Blak-blakan Kepala BPJPH: 21 Hari Kerja Sertifikat Halal Jadi!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia