ADVERTISEMENT

Doa Puasa Dzulhijjah Idul Adha dan Keutamaan Menunaikannya dari Hari ke Hari

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 01 Jul 2022 21:00 WIB
Jadwal buka puasa Tangerang hari ini sudah dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Hari ini merupakan waktu terakhir berbuka puasa di bulan Ramadan 2022.
Ilustrasi doa puasa Dzulhijjah dan keutamaannya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nadiia Cherenkova
Jakarta -

Puasa Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah sebelum hari Arafah dan Idul Adha. Sebagaimana juga disebutkan dalam buku Fiqih Islam wa Adilatuhu Jilid 3 yang ditulis oleh Prof. Dr. Wahbah az.Zuhaili, puasa ini dikerjakan selama delapan hari pada hari-hari pertama bulan Dzulhijjah.

"Puasa delapan hari sebelum hari Arafah pada bulan Dzulhijjah, bagi pelaksana haji maupun orang lain," ucapnya dalam buku tersebut.

Apabila menurut kalender Masehi, sebagaimana hasil sidang isbat pada Rabu (29/6/2022), maka 1 Dzulhijjah bertepatan dengan tanggal 1 Juli 2022.

Landasan amalan sunnah ini sendiri adalah salah satu riwayat hadis yang dikisahkan Hafshah bin Umar bin Khattab RA. Puasa Dzulhijjah juga disebut-sebut sebagai amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW.

عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: Dari Hafshah RA, ia berkata, "Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW yaitu, puasa Asyura, puasa sepuluh hari di bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum Subuh." (HR Ahmad dan An Nasa'i).

Sementara, yang dimaksud dengan puasa sepuluh hari bulan Dzulhijjah adalah puasa sunnah di luar hari Idul Adha dan hari-hari Tasyriq. Ini juga termasuk puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah 9 Dzulhijjah. Demikian disebutkan dalam buku 165 Kebiasaan Nabi SAW yang ditulis oleh Abduh Zulfidar Akaha.

Di samping itu ada banyak pendapat juga yang menyebutkan puasa Tarwiyah masuk ke dalam puasa Dzulhijjah karena tidak ditemukan dalil yang shahih mengenai pengamalannya. Muhammad Ajib Lc melalui bukunya yang bertajuk Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah berpendapat, walau tidak ada syariat puasa Tarwiyah, puasa tersebut sudah masuk dalam puasa sunnah delapan hari sebelum Arafah.

Doa Puasa Dzulhijjah

Lafal niat atau doa puasa Dzulhijjah adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala."

Keutamaan puasa Dzulhijjah >>>

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia