Arti Signifikan, Contoh, dan Penggunaannya dalam Penelitian

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Senin, 27 Jun 2022 11:00 WIB
Scientist Working in The Laboratory
Ilustrasi. Apa arti signifikan dan bagaimana penggunaannya dalam penelitian? (iStock)
Jakarta -

Signifikan adalah salah satu kata dalam bahasa Indonesia yang mungkin jarang kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Pasalnya, kata ini cenderung digunakan dalam tata bahasa dengan kalimat yang baku dan formal.

Arti Signifikan

Signifikan merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris, yaitu significant. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, signifikan berarti penting atau berarti.

Signifikan adalah salah satu bentuk kata sifat, sehingga dapat bersifat positif (signifikan) atau negatif (tidak signifikan). Hampir menyerupai arti menurut KBBI, dalam Tesaurus Bahasa Indonesia tertulis, signifikan memiliki arti benar, berarti, bermakna, istimewa, penting, relevan, dan substansial.

Dalam suatu perbincangan atau kalimat, kata signifikan dapat digunakan untuk menggambarkan suatu hal yang penting dan jelas. Dalam beberapa ungkapan, kata ini banyak ditemukan dalam susunan kalimat yang membahas tentang pengaruh dari suatu hal.

Arti Signifikan dalam Penelitian

Kata signifikan juga cenderung ditemukan dalam tulisan ilmiah. Utamanya, kata signifikan digunakan untuk menjelaskan data hasil penelitian.

Data yang digunakan untuk penelitian tidak boleh berasal dari sumber yang kredibilitasnya masih diragukan. Untuk itu, data-data tersebut perlu diuji terlebih dahulu agar kemudian dapat digunakan dalam penelitian.

Mengutip artikel ilmiah berjudul Signifikan atau Sangat Signifikan, salah satu uji yang dilakukan dalam penelitian adalah uji statistik. Pada uji inilah kata signifikan digunakan sebagai label uji statistik untuk memberikan keterangan terhadap angka hasil uji statistik.

Contohnya adalah label "signifikan", "sangat signifikan", dan "tidak signifikan". Label ini digunakan dalam menjelaskan hasil pengujian hipotesis yang dapat diterima atau ditolak.

Dengan kata lain, Dr. Indra Jaya dan Ardat Ahmad dalam buku Biostatistik menyebut, arti signifikan dalam penelitian adalah tingkat kepercayaan hasil penelitian yang kita lakukan. Biasanya, dijelaskan dalam taraf persen tertentu yang angkanya ditentukan oleh peneliti.

Contoh Penggunaan Kata Signifikan

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata signifikan di antaranya yakni:

  • Masyarakat Jakarta yang terjangkit virus COVID-19 meningkat secara signifikan.
  • Otot-otot lengannya mengalami perkembangan yang signifikan setelah ditangani pelatih fisik yang profesional.
  • Kemampuannya dalam menulis meningkat secara signifikan setelah ia banyak berlatih.
  • Keuntungan dari penjualan hariannya terus meningkat signifikan setelah menggunakan cara-cara modern yang sesuai kecenderungan anak-anak milenial.
  • Gaya kepemimpinannya di dalam organisasi berdampak secara positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota organisasi.
  • Walaupun berbagai cara sudah dilakukan, upaya tersebut seperti sia-sia karena perkembangannya yang tidak signifikan.
  • Di usia remaja, pertumbuhan tinggi anak laki-laki sangat terlihat signifikan.
  • Akibat pandemi COVID-19 yang cepat menyebar di seluruh negara, pembelian masker dan hand sanitizer meningkat signifikan.
  • Jelaskan pengaruh signifikan yang diakibatkan karena kekurangan minum air putih dan jarang berolahraga!

Demikianlah penjelasan mengenai arti signifikan, contoh kalimat, dan penggunaannya dalam penelitian. Semoga bisa dipahami, detikers!



Simak Video "4 Teknologi yang Mencoba "Melawan" Kuasa Tuhan "
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia