ADVERTISEMENT

Apa Pengertian Debat? Berikut Definisi, Aspek, Teknik, dan Tujuannya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Minggu, 19 Jun 2022 09:00 WIB
poster
Ilustrasi debat saat Pilpres 2019 lalu antara dua kandidat Joko Widodo dan Prabowo Subianto (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Siapa nih yang berencana ikut lomba debat? Nah, sebelum ikut lomba debat, kamu harus tahu pengertian dari debat. Debat adalah perbincangan antara beberapa orang yang membahas mengenai suatu topik permasalahan dengan berbagai perspektif argumentasi.

Menurut buku Kreatif Mengarang yang ditulis oleh Widyamartaya, dijelaskan debat adalah berbicara kepada lawan bicaranya untuk membela atau menyerang suatu pendapat dan saling adu kepandaian menggunakan logika.

Debat memang kerap kali diperlombakan untuk siswa hingga mahasiswa sebagai upaya melatih logika kritis dan argumentasi yang rasional terhadap suatu isu.

Sering kali orang melihat debat sebagai kegiatan yang negatif, karena sering dilihat sebagai perbincangan yang panas dengan tensi tinggi dan menguras emosi.

Padahal debat secara substansial tidak seperti itu. Di mana perdebatan menjadi ruang komunikasi antara seseorang atau kelompok untuk mendiskusikan suatu topik permasalahan. Oleh karena itu, debat menjadi sarana yang efektif untuk berargumentasi secara rasional, substansial, dan komprehensif.

Dalam konteks yang lebih makro, debat menjadi kegiatan yang penting dalam sistem demokrasi. Mengapa? Karena dalam demokrasi menjamin kebebasan untuk setiap orang berdebat dan berargumentasi untuk menyalurkan ide, gagasan, dan pendapatnya.

Sedangkan dalam konteks yang lebih mikro, debat diajarkan kepada siswa sejak dini sebagai metode untuk membangkitkan mental dalam berbicara dan bertanggung jawab dalam mendukung sebuah opini.

Sehingga siswa memiliki logika dan pola pikir yang terstruktur untuk kemudian diimplementasikan di dalam kelas dan luar kelas.

Dalam buku Menang Dalam Debat dituturkan bahwa debat menjadi forum yang sangat tepat dan strategis untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan mengasah keterampilan berbicara.

Proses debat ini menjadi bentuk retorika modern yang pada umumnya dicirikan oleh dua pihak yang saling berkomunikasi dengan bahasa yang lugas.

Aspek dalam Debat

Tahukah kamu jika ada aspek-aspek dalam debat yang cukup penting. Aspek debat merupakan segi dalam debat yang memenuhi kelengkapan keberlangsungan debat. Berikut adalah lima aspek dalam debat:

  1. Tema, yaitu konteks permasalahan atau persoalan yang akan dibahas dalam debat
  2. Moderator, yaitu orang yang memimpin, memandu, menengahi, dan memonitor jalannya debat
  3. Peserta, yaitu orang yang mengambil peran dan terlibat secara aktif untuk berargumentasi secara rasional dalam arena debat
  4. Pendengar, yaitu orang yang mendengarkan dan memperhatikan perdebatan yang sedang terjadi
  5. Waktu, yaitu penyelenggara yang harus menyediakan waktu debat yang sesuai dengan kebutuhan

Teknik dan Taktik dalam Debat

Untuk menjadi peserta debat yang baik, maka kamu harus mengetahui teknik dan taktik umum dalam debat. Seperti:

  • Teknik Mempertahankan Usul, yaitu teknik yang digunakan dalam mempertahankan suatu usul dan argumentasi melalui beberapa taktik, yakni:
  1. Taktik penegasan, yaitu taktik pengulangan, tak persuasif, taktik kompromi, dan taktik kesepakatan
  2. Taktik bertahan, yaitu taktik menunda, taktik mengelak, taktik terima kasih, dan taktik menguraikan
  • Teknik Mempertentangkan Usul, yaitu teknik yang digunakan untuk mempertentangkan suatu usul dan argumentasi melalui beberapa taktik, yakni:
  1. Taktik menyerang, yaitu taktik bertanya balik, taktik provokasi, taktik mencakup, dan taktik memotong
  2. Taktik menolak, yaitu taktik kontradiksi dan taktik memungkiri

Tujuan dari Debat

Nah, setelah memahami pengertian, aspek, taktik, dan teknik dalam debat. Yuk cari tahu sebenarnya apa tujuan dari debat:

· Memecahkan suatu masalah

· Menjawab suatu pertanyaan

· Menambah dan memahami pengetahuan

· Menampilkan dan mengembangkan komunikasi verbal



Simak Video "PKS Mau Bentuk Poros Ketiga, Lagi Dekati Demokrat dan NasDem"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia