10 Hewan Ini Nenek Moyangnya dari Zaman Purba

Kristina - detikEdu
Rabu, 05 Jan 2022 08:00 WIB
kadal anolis
Foto: Getty Images/iStockphoto/phototrip
Jakarta -

Sejumlah hewan modern diketahui merupakan keturunan langsung dari hewan prasejarah. Meskipun beberapa darinya telah berubah bahkan tidak dapat dikenali.

Hewan purba memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan hewan-hewan yang ditemui di kehidupan saat ini. Para peneliti telah menemukan adanya penyusutan ukuran hewan, salah satunya orang utan yang hidup di hutan Asia Tenggara.

Hewan Keturunan Prasejarah

Melansir BBC Earth, berikut 10 hewan yang diketahui merupakan keturunan dari hewan prasejarah:

1. Buaya

Reptil predator satu ini diketahui berbagi warisan dengan dinosaurus sebagai bagian dari kelompok yang dikenal dengan archosaurs, sekitar 250 juta tahun yang lalu. Buaya paling awal berevolusi sekitar 95 juta tahun yang lalu pada periode Kapur Akhir. Buaya modern yang diturunkan dari buaya prasejarah salah satunya adalah Deinosuchus, predator yang tinggal di air hingga ke permukaan tanah dengan moncong panjang, ekor yang kuat, dan banyak gigi.

2. Kasuari

Burung raksasa, Kasuari, disebut-sebut sebagai keturunan langsung dari dinosaurus velociraptors. Salah satu karakteristik yang mendukung pendapat tersebut terletak pada jambul kasar di kepala mereka.

3. Tuatara

Tuatara diketahui menjadi reptil tertua sejak era dinosaurus yang berasal dari periode Trias Awal. Tuatara merupakan anggota kelompok reptil Rhynchocephalia, yang mengalami perkembangan pada 240 juta dan 60 juta tahun yang lalu. Mereka tinggal di pulau-pulau lepas pantai Selandia Baru. Tuatara dapat hidup hingga sekitar 100 tahun.

4. Hiu

Nenek moyang hiu berevolusi bentuk mirip hiu lebih dari 450 juta tahun yang lalu, selama periode Silur. Mereka berhasil selamat dari setiap peristiwa kepunahan besar sejak laut dipenuhi Trilobita. Beberapa spesies hiu bahkan mengembangkan kemampuannya untuk mengeluarkan cahaya dalam gelap.

5. Kadal

Reptil satu ini memiliki banyak sifat genetik yang sama dengan hewan purba. Namun, kadal hanya memiliki hubungan jauh dengan archosaurs. Kadal memiliki kemampuan beradaptasi yang ekstrem. Hal tersebut menjadi kunci kelangsungan hidup mereka dalam menghadapi beberapa peristiwa kepunahan yang signifikan.

6. Kepiting

Berbeda dengan kelima hewan sebelumnya, kepiting bukanlah keturunan langsung dari dinosaurus. Namun, mereka memiliki kemampuan dalam mengembangkan senjata pelindung diri yang membuat Ankylosaurus berpikir dua kali. Prediksi lain menyebut, kepiting telah ada sekitar 450 juta tahun yang lalu.



Simak Video "Fosil Hewan Purba Ratusan Ribu Tahun Ditemukan di Blora"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia