Lebaran Mahasiswa RI di Belanda, "Akhirnya Bisa Sholat Ied di Lapangan"

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 05 Mei 2022 07:00 WIB
Lebaran mahasiswa RI di Belanda.
Lebaran mahasiswa RI di Belanda. Foto: Dok Nelfyenny.
Jakarta -

Lebaran 2022 bagi mahasiswa RI Nelfyenny memberi momen spesial. Di tahun kedua Idul Fitri di Belanda ini, Nelfy bisa kembali sholat di tempat terbuka setelah sebelumnya mengalami pembatasan akibat COVID-19.

"Tahun ini akhirnya bisa Sholat Ied di lapangan bareng warga Indonesia dan mahasiswa yang ada di Utrecht," kata Nelfy yang sedang menyelesaikan pendidikan S2 di Utrecht University jurusan experimental physics.

Sholat Ied pada Lebaran 2022 dilaksanakan komunitas muslim Utrecht, Belanda, di lapangan bola. Para muslim mulai sholat sekitar pukul 09.30, berbeda dengan Indonesia yang mengawali ibadah sunnah sekitar jam 06.00.

Dengan perbedaan ini, para muslim di Utrecht tak perlu bersiap-siap sejak subuh. Merayakan Idul Fitri di negeri orang menimbulkan rasa senang sekaligus sedih. Senang karena ketemu lagi dengan Lebaran, namun sedih karena tak bisa merayakannya dengan keluarga.

Nelfy biasa menelpon atau video call keluarganya saat merayakan Idul Fitri. Dengan perbedaan waktu sekitar 5 jam, Nelfy marathon nelpon atau menghubungi anggota keluarganya terus menerus saat di Indonesia sudah siang atau sore.

"Sebenernya momen sedihnya di situ sih, nggak bisa kumpul bareng, jadi kangen banget apalagi kalau sambil video call. Tapi Alhamdulillah di sini juga nemu keluarga baru, jadinya terobati," kata Nelfy yang kini sedang fokus menyelesaikan riset.

Nelfy mengatakan, komunitas muslim Indonesia cukup aktif membuat suasana Hari Raya Idul Fitri semeriah mungkin. Tentunya dengan tetap patuh pada aturan yang berlaku. Misal mendengarkan takbir sepanjang malam hanya dari YouTube.

Terkait kebiasaan usai Sholat Ied, para muslim biasanya saling bersalaman seperti di Indonesia. Selanjutnya, para muslim bisa mengunjungi keluarga yang mengadakan open house. Biasanya di momen tersebut disajikan berbagai hidangan khas Idul Fitri di Indonesia.

"Mereka menyajikan masakan khas lebaran seperti opor, sambal goreng ati, rendang dan pastinya ketupat. Jadi lebih milih makan bersama mereka, kalau masak sendiri semuanya kayaknya belum sanggup," kata Nelfy yang berhasil melanjutkan studi dengan beasiswa LPDP.

Di Lebaran 2022 ini, Nelfy berharap semua ibadahnya selama Ramadan diterima Allah SWT. Harapan lainnya adalah semoga diizinkan kembali bertemu dengan Ramadan dan Idul Fitri di tahun yang akan datang.



Simak Video "Jokowi dan Iriana Ucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia