ITERA Pantau Hilal Pakai OZT-ALTS, Teleskop Titik Pengamatan Bulan Dunia

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 02 Mei 2022 07:59 WIB
ITERA Pantau Hilal
ITERA pantau hilal dengan teleskop robotik canggih skala dunia. (Dok. LPPM ITERA)
Jakarta -

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar pengamatan hilal 1 Syawal 1443 H atau Idul Fitri 1443 H pada hari ini, Minggu (1/5/2022), menggunakan teleskop robotik OZT-ALTS. Teleskop ini disebut-sebut tercatat sebagai titik teleskop pengamatan hilal atau bulan di dunia.

"Sejak dipasang, teleskop (OZT-ALTS) ini sudah tercatat di Arab Saudi sebagai simpul dalam IMSP (International Moon Sighting Program atau jejaring pengamatan bulan dunia) dan berpusat di Mekah," kata Kepala LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) ITERA Acep Purqon dalam keterangannya, Minggu (1/5/2022).

Berdasarkan penuturan Acep, teleskop ini merupakan hasil hibah dari Arab Saudi dalam keperluan konsorsium pengamatan hilal dunia. ITERA hadir mewakili Indonesia dari 14 negara anggota konsorsium.

Sebagai teleskop robotik kelas dunia, Acep mengklaim, teleskop yang dipegang ITERA tersebut merupakan teleskop tercanggih di Indonesia.

"Semua operasional dilakukan secara robotik dan bisa remote. Juga bisa mengamati exoplanet sekaligus teleskop yang sama digunakan pemenang nobel Fisika 2019 tentang exoplanet," tuturnya.

Untuk pemantauan hilal Lebaran 2022, ITERA menggelar pengamatan bersama di Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL ITERA) sejak pukul 17.00 WIB. Pengamatan ini menjadi titik rukyat hilal satu-satunya yang berada di Lampung.

Berdasarkan pantau dengan teleskop tersebut, konjungsi toposentrik untuk hilal di Lampung terjadi pada tanggal 1 Mei 2022 pada pukul 02.26 WIB. Didapat juga data perhitungan ketinggian bulan saat matahari tenggelam, azimuth bulan, beda azimuth dari lokasi matahari terbenam hingga elongasinya.

Hal itu menunjukkan, pelaksanaan rukyat hilal pada Minggu (1/5/2022) teramati. Laporan dari OAIL ITERA pun melengkapi ketetapan pemerintah yang telah menetapkan bahwa Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022 jatuh pada Senin (2/5/2022) melalui sidang isbat.



Simak Video "Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Besok, 2 Mei 2022! "
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia