Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1443 Senin 2 Mei, Ini Amalan di Hari Nan Fitri

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 01 Mei 2022 18:58 WIB
Disunnahkan Makan dan Minum sebelum Shalat Idul Fitri
Ilustrasi. Kemenag menetapkan 1 Syawal 1443 H atau Lebaran 2022 bertepatan dengan Senin, 2 Mei 2022. (iStock)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022 jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Keputusan ini ditetapkan melalui sidang isbat sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 yang digelar secara hybrid melalui Zoom dan Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

"Secara mufakat bahwa sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam Telekonferensi Pers Penetapan 1 Syawal 1443 H, Minggu (1/5/2022).

Secara umum, posisi hilal secara hisab di Indonesia pada 29 Ramadan 2022 atau 1 Mei 2022 telah memenuhi kriteria baru MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Tinggi hilal sudah mencapai 3,79 hingga 5,56 derajat dengan elongasi geosentrik sebesar 5,2 hingga 7,2 derajat.

Berikut juga dengan besaran elongasi toposentrik, hilal di Indonesia sudah memenuhi kriteria. "Kriteria elongasi apapun yang berkembang di dunia atau kalangan ahli falak, dua-duanya (hilal di Indonesia) sudah memenuhi (kriteria MABIMS yakni 3-6,4)," terang anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Cecep Nurwendaya dalam channel YouTube Bimas Islam TV.

Di Jakarta sendiri, ijtimak sebelum bulan Syawal sudah terjadi pada pukul 03.28 WIB dini hari tadi dengan tinggi hilal sebesar 4,77 derajat. Hilal di Jakarta pun sudah berbentuk sabit muda berumur 14 jam.

Posisi hilal yang positif terlihat secara hisab ini, kata Cecep, ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. "Hampir seluruh wilayah di dunia ketinggian hilalnya positif. Hanya sedikit sekali yang negatif. Bahkan Indonesia sudah tinggi," jelasnya.

Senada dengan perhitungan hisab, laporan rukyatul hilal juga menyebutkan, hilal sudah terlihat dari keseluruhan 99 titik pengamatan di seluruh Indonesia. Hasil ini kemudian menjawab kapan Lebaran 2022 dimulai.

Apa yang perlu dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri 1443 H?

1. Mandi sebelum sholat Idul Fitri

Kitab Al Badr Al Munir dikutip dari Fiqih Sunnah Jilid 1 oleh Sayyid Sabiq menyebutkan, hadits-hadits tentang Rasulullah SAW melaksanakan mandi pada Hari Raya Idul Fitri bersanad dhaif atau palsu. Meski demikian, amalan tersebut tetap disunnahkan para ulama sebab sesuai dengan anjuran para sahabat nabi.

Salah satunya dari Ali bin Abi Thalib RA yang pernah menganjurkan salah seorang muslim untuk mandi pada Idul Fitri. Hadits ini dishahihkan oleh Syekh Albani dalam Irwa' Al Galil yang berbunyi,

"Ada seseorang yang bertanya kepada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu tentang mandi. Ali menjawab, 'Mandilah tiap hari jika kamu mau." Lelaki itu berkata, 'Bukan. Maksudku, mandi yang benar-benar mandi,' Ali menjawab, '(Mandilah) untuk hari Jumat, hari 'Arafah, hari Idul Adha, dan Idul Fitri." (HR Baihaqi).

2. Makan kurma sebelum sholat Idul Fitri

Diceritakan dalam riwayat hadits, Rasulullah SAW disebut selalu memakan kurma dalam jumlah ganjil tiap sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri.

عَنْ أَنَسٍ، قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ‏.‏ وَقَالَ مُرَجَّى بْنُ رَجَاءٍ حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي أَنَسٌ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَيَأْكُلُهُنَّ وِتْرًا‏

Artinya: "Rasulullah SAW tidak pernah sholat Idul Fitri sebelum makan beberapa butir kurma. Anas juga menceritakan: Rasulullah SAW biasa makan kurma dalam jumlah ganjil." (HR Bukhari).

Hal ini pun kemudian diikuti oleh sahabat nabi, Anas bin Malik, yang membiasakan diri memakan 3 atau 5 butir kurma sebelum berangkat menunaikan sholat Idul Fitri berjamaah. Hal ini diriwayatkan dari hadits Ahmad.

3. Mengenakan pakaian terbaik

Dikutip dari buku Fiqh Us-Sunnah: Superagatory Prayers karya As-Sayyid Sabiq, seorang ahli tafsir atau ahli hadits Ibn Al-Qayyim menceritakan kebiasaan Rasulullah yang mengenakan jubah khusus hanya pada dua hari raya dan hari Jumat.

"Rasulullah SAW biasa menggunakan pakaian yang terbaik untuk hari-hari tersebut dan dia punya jubah (cloak) khusus yang hanya dipakai pada dua hari raya dan Jumat," kata Ibn Al-Qayyim.

4. Menunaikan zakat fitrah

Amalan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW pada Hari Raya Idul Fitri adalah menunaikan zakat fitrah. Kitab Bulugh Al-Maram menjelaskan Rasulullah SAW membayar zakat fitrah sebelum sholat Idul Fitri.

وَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: { فَرَضَ رَسُولُ اَللَّهِ ‏- صلى الله عليه وسلم ‏-زَكَاةَ اَلْفِطْرِ; طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اَللَّغْوِ, وَالرَّفَثِ, وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ, فَمَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ اَلصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ, وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ اَلصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ اَلصَّدَقَاتِ.‏ } رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَابْنُ مَاجَهْ, وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِم ُ

Artinya: Ibn 'Abbas (RAA) menceritakan, "Rasulullah SAW ikut membayar zakat fitrah atas puasa Ramadhan untuk membersihkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak menyenangkan serta menyediakan makanan bagi yang memerlukan. Disebut zakat bagi yang membayar sebelum sholat Idul Fitri dan sedekah bagi yang membayar setelah sholat Idul Fitri," (HR Abu Dawud, Ibn Majah, Al-Hakim).

5. Mengumandangkan takbir

Melansir Buku Tuntunan Sholat Id terbitan Kemenag Sumsel, takbiran Idul Fitri atau mengumandangkan takbir merupakan tradisi yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Takbiran dapat dilakukan di masjid, musala, maupun rumah masing-masing sesuai dengan anjuran dalam Kitab Raudlatut Thalibin.

Hal ini juga dijelaskan dalam Mazhab Syafi'i yang diriwayatkan oleh Said bin Al Musayyib, Abu Salamah, Urwah, Zaid bin Aslam mengenai permulaan waktu takbiran Idul Fitri. Dari Al Maju' Syarh Al Muhadzdzab dan Bidayatu Al Mujtahid. Permulaan takbiran dimulai sejak terbenamnya matahari di malam Hari Raya Idul Fitri hingga berakhir saat hendak dimulainya khotbah.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, detikers!



Simak Video "Kemenag Tasikmalaya Akan Pantau Hilal dari Pantai Sindangkerta"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia