4 Tips Mengatasi Kulit Kering saat Puasa agar Glowing ala Pakar UNS

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 19 Apr 2022 10:00 WIB
Young beautiful woman touching skin in bathroom. Unhappy girl standing in towel, looking in the mirror, checking dry irritated skin. Morning skincare routine.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasha_Suzi/4 Tips Mengatasi Kulit Kering saat Puasa agar Glowing ala Pakar UNS
Jakarta -

Beberapa orang akan mengalami kulit kering saat menjalani puasa. Apakah kamu salah satunya? Nah, hal ini perlu diperhatikan agar kesehatan kulit tetap terjaga selama Ramadan.

Kondisi kulit kering saat puasa bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan air, sehingga dapat terjadi dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya bisa terjadi pada tubuh tapi juga berpengaruh pada kulit.

Oleh karena itu, saat menjalani puasa setiap orang tidak hanya harus menjaga stamina tubuh dengan asupan makanan bergizi namun juga menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat.


Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi di Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dr. Alamanda Murasmita, Sp.DV memberikan tips cara menjaga kulit tetap sehat dan glowing saat berpuasa.

"Empat tips glowing anti kering saat puasa dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, memperhatikan asupan nutrisi, istirahat malam yang cukup, serta menggunakan pelembab dan sunscreen," ujar dr. Alamanda dikutip dari laman resmi UNS.


4 Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa:


1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Selama puasa diusahakan tetap minum 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air putih setiap harinya dengan konsep 2 4 2. Sebanyak 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur.


2. Perhatikan Asupan Nutrisi

Menjaga nutrisi kulit dari dalam juga tak kalah pentingnya. Hal ini untuk menjaga kelembapan alami kulit supaya tampak sehat dan terlihat awet muda.

Caranya dengan memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan vitamin serta mengurangi konsumsi kafein.


3. Istirahat Malam yang Cukup

Hindari kebiasaan buruk seperti begadang di malam hari karena bisa mengurangi jam waktu tidur. Padahal jika punya tidur malam yang cukup itu akan dapat memperlambat atau mencegah penuaan dini pada kulit.

Selain itu, juga memungkinkan proses perbaikan jaringan kulit berjalan lebih optimal. Dengan tidur malam yang cukup bisa membuat kulit semakin sehat dan bersinar.


4. Gunakan Pelembab dan Sunscreen secara Teratur

Sesuai namanya menggunakan pelembab dapat membuat kelembapan kulit kita tetap terjaga. Serta penggunaan sunscreen secara teratur dapat mencegah dampak buruk yang ditimbulkan dari paparan sinar UV.

Pemakaian sunscreen yang benar juga membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Namun, tetap pilihlah pelembap dan sunscreen sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Itulah tips mengatasi kulit kering saat puasa agar glowing dari pakar UNS. Apakah detikers sudah melakukannya?



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia