Mahasiswa Rantau, Ini Daftar 6 Bahan untuk Sahur dan Buka Puasa

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 04 Apr 2022 15:30 WIB
shot of graduation hats during commencement success graduates of the university, Concept education congratulation. Graduation Ceremony ,Congratulated the graduates in University.
Ilustrasi mahasiswa, bagaimana puasa di negeri rantau? Foto: Getty Images/iStockphoto/Rattankun Thongbun
Jakarta -

Puasa bulan Ramadan menjadi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa rantau yang menjadi anak kos. Terutama perihal menu makanan untuk berbuka dan sahur selama bulan Ramadan 2022.

Alih-alih selalu keluar tiap berbuka dan sahur, mahasiswa bisa coba memilih makanan yang awet agar bisa irit. Mahasiswa bisa stok makanan ini di kulkas dan bisa disajikan dengan menghangatkan kembali.

Apa saja makanan yang tergolong awet untuk menu sahur dan buka puasa selama Ramadan 2022? Berikut ini rangkumannya.

6 Makanan yang Awet untuk Menu selama Ramadan 2022:

1. Abon

Makanan satu ini tidak asing lagi bagi mahasiswa rantau yang ngekos. Selain enak dipadukan dengan nasi hangat, makanan ini juga tergolong sebagai lauk yang awet.

Karena itu, abon cocok dipilih mahasiswa sebagai salah satu persediaan menu puasa baik untuk buka ataupun sahur. Selain tahan lama, lauk satu ini juga memiliki varian seperti abon sapi, ayam, teri, hingga ikan.

2. Kering Tempe

Olahan tempe memang dikenal sebagai lauk yang lezat. Tak terkecuali tempe yang diolah kering dengan irisan tipis dan memiliki berbagai varian rasa.

Makanan ini dikenal murah dan tahan lama untuk dijadikan sebagai lauk. Mahasiswa tak hanya bisa menjadikan sebagai lauk buka puasa atau sahur namun juga bisa dijadikan cemilan di kala lapar saat mengerjakan tugas kuliah.

3. Keripik Kentang Kering

Sama halnya dengan kering tempe, olahan kentang juga ada yang dibuat dengan irisan bumbu dan berbagai varian rasa yang umumnya pedas. Makanan satu ini bisa awet hingga berhari-hari dan cocok bagi anak kos seperti mahasiswa rantau yang menjalani puasa Ramadan.

4. Kering Teri Medan

Buat kamu yang suka olahan rasa pedas, asin, manis, dan gurih, kering teri medan bisa menjadi pilihan mahasiswa rantau untuk menu puasa.

Makanan ini cocok disantap bersama nasi putih hangat ditambah rebusan sayur. Selain bergizi, makanan ini juga bisa disimpan untuk berhari-hari.

5. Serundeng

Anak kos juga wajib mencoba serundeng sebagai lauk. Makanan ini terbuat dari kepala parut yang disangrai dan diolah dengan berbagai bumbu.

Di bulan Ramadan, makanan ini cocok dijadikan lauk menu puasa karena praktis dan hemat di kantong mahasiswa rantau. Untuk menyajikannya, serundeng nikmat jika disantap dengan cara menaburkannya di atas nasi panas.

6. Rendang

Makanan rendang juga dikenal sebagai lauk yang tahan lama. Terutama rendang yang benar-benar kering atau lapisan bumbu berwarna hampir kehitaman.

Dengan disimpan di wadah tertutup rapat, rendang bisa jadi pilihan mahasiswa untuk dijadikan menu puasa baik buka ataupun sahur.

Nah, itulah 6 makanan yang awet untuk menu puasa selama Ramadan. Apakah detikers punya menu alternatif lain?



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia